5 Film Berbahasa Non-Inggris Terbaik yang Bisa Ditonton di Netflix

Film Parasite (2019) asal Korea Selatan telah membuat sejarah pada ajang Oscar sebagai film berbahasa asing (non-Inggris) pertama yang memenangkan kategori Best Picture.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 12 Februari 2020  |  10:53 WIB
5 Film Berbahasa Non-Inggris Terbaik yang Bisa Ditonton di Netflix
Cuplikan film A Separation - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Film Parasite (2019) asal Korea Selatan telah membuat sejarah pada ajang Oscar sebagai film berbahasa asing (non-Inggris) pertama yang memenangkan kategori Best Picture.

Ini merupakan pencapaian besar dalam sejarah industri perfilman Hollywood yang berani mendobrak batas dan memberikan penghargaan tertinggi Oscar kepada film “asing”.

Hal ini juga memberikan harapan bagi para pelaku industri perfilman di seluruh dunia, bahwa bahasa lokal bukan lagi menjadi masalah untuk berkiprah di ajang penghargaan internasional. Parasite membuktikannya.

Sutradara film Bong Joon-ho dalam ajang Golden Globes 2020 sempat mengatakan penggalan kalimat yang menarik terkait hal ini, “Setelah Anda mengatasi penghalang subtitle, Anda akan diperkenalkan dengan begitu banyak film yang lebih menakjubkan,” katanya.

Adapun, berikut ini adalah rekomendasi 5 judul film internasional atau berbahasa non-Inggris menarik yang bisa dinikmati di platform streaming Netflix :

1. Roma (2018)

Film Roma besutan sutradara Alfonso Quaron merupakan drama semi otobiografi yang menggunakan bahasa Meksiko. Film ini mengikuti cerita seorang pembantu rumah tangga di keluarga kelas menengah di distrik Colonia Roma, Meksiko.

Film ini merupakan pemenang dari kategori Best Foreign Language Film pada Oscar 2019 dan menjadi salah satu nominasi dari kategori Best Picture.

2. A Separation (2011)

Film A Separation merupakan film Iran (bahasa Persia) yang disutradarai oleh Asghar Farhadi. Ceritanya berfokus pada pasangan kelas menengah Iran yang berpisah setelah 14 tahun berumah tangga. Film ini mengambil genre drama dengan permasalahan yang kompleks tetapi sangat menarik untuk ditonton.

Film juga berhasil menjadi pemenang pada kategori Best Foreign Language Film Oscar 2012 dan menjadi film Iran pertama yang berhasil memenangkan kategori tersebut.

3. The Live of Others (2006)

The Live of Others merupakan film drama Herman yang disutradarai oleh Florian Graf Henckel von Donnersmarck. Film ini mengisahkan polisi rahasia Jerman yang dikenal sebagai Stasi saat memantau warga di Berlin Timur pada kisaran tahun 1980-an.

Film ini merupakan pemenang kategori Best Foreign Language Film Oscar 2007 dan juga pemenang kategori Best Foreign Language Film BAFTA Awards.

4. On Body and Soul (2017)

On Body and Soul merupakan film drama dari Hungaria yang ditulis dan disutradarai oleh Ildiko Enyedi. Film ini bercerita tentag dua orang rekan kerja yang dapat berkomunikasi satu sama lain melalui mimpi dan mengarah pada kisah romansa.

5. A Sun (2019)

A Sun merupakan film asal Taiwan yang disutradarai oleh  Mong Hong Chung. Bercerita tentang drama kelam permasalahan kompleks sebuah keluarga yang terdiri dari empat orang: ayah, ibu, anak sulung (putra), dan anak bungsu (putra).

Film ini pertama kali dirilis pada ajang Toronto Internasional Film Festival 2019 dan belum lama ini tersedia di platform Netflix.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top