Tentara Korea Selatan menyemprotkan disenfektan di jalan-jalan Seoul/ Bloomberg
Health

Biovital Sentinal, Mesin AI untuk Monitor Pasien Covid-19

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 5 Maret 2020 - 12:33
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – Biofourmis, perusahaan yang bergerak dalam terapi digital dan perawatan prediktif terpersonalisasi, mengumumkan keterlibatannya dalam program pemantauan dan pengawasan penyakit jarak jauh di Hong Kong yang melibatkan pasien yang terdiagnosis atau dicurigai mengidap penyakit novel coronavirus (Covid- 19).

Program tersebut dikelola oleh Universitas Hong Kong dan melibatkan Harmony Medical Inc. yang merupakan mitra joint venture Biofourmis untuk wilayah China.

Pasien yang didiagnosis dan berpotensi terinfeksi Covid-19 dipantau dengan platform Biofourmis 'Biovitals® Sentinel, solusi turn-key yang menggunakan kecerdasan buatan platform Analisis Biovitals® berteknologi FDA-cleared artificial intelligence (AI).

Teknologi pemantauan jarak jauh 24/7 dan analitik Biovitals® Sentinel ini memberikan informasi tambahan kepada dokter untuk identifikasi awal setia perubahan fisiologis yang dapat mengindikasikan kerusakan, dan untuk memungkinkan intervensi sebelumnya untuk hasil yang lebih baik.

"Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas Biovitals® Sentinel dalam memonitor pasien dari jarak jauh dan mengidentifikasi indikator fisiologis terkait Covid-19 yang mengindikasikan penurunan kesehatan pada pasien," kata Prof. David Chung Wah Siu, MD, Departemen Kedokteran, Universitas Hong. Kong dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (5/3/2020).

David menambahkan bahwa pasien dengan Covid-19 biasanya menunjukkan gejala seperti demam, batuk dan sesak napas, yang semuanya dapat dipantau melalui parameter fisiologis Biofourmis’ cutting-edge, clinical-grade biosensor Everion®, yang dipakaikan di lengan pasien yang dikarantina di rumah mereka atau dengan pengaturan klinis.

Dokter dan peneliti masih mempelajari bagaimana jenis virus corona ini mempengaruhi tubuh, dan penelitian ini akan membantu menjelaskannya.

Untuk mengukur suhu tubuh dan sejumlah indikator lainnya, pasien mengenakan Everion®, yang memiliki beberapa sensor tingkat medis, termasuk optik, suhu, elektrodermal, akselerometer, dan barometer. Everion® dapat dikenakan dengan nyaman selama 24 jam sehari selama beberapa hari dan memiliki tingkat kepuasan dan kepatuhan pasien yang jauh lebih tinggi dari rata-rata.

Biovitals® Analytics yang memanfaatkan teknologi AI akan mendapatkan lebih dari 20 sinyal fisiologis dari data sensor, termasuk suhu, detak jantung, gelombang nadi darah, variabilitas detak jantung, laju pernapasan, interval antar denyut jantung dan lainnya.

Sinyal-sinyal ini kemudian dimasukkan melalui AI canggih dan machine-learning techniques untuk menandai perubahan fisiologis utama yang dapat menunjukkan perkembangan penyakit.

Solusi Biovitals® Sentinel juga mencakup aplikasi smartphone untuk mengumpulkan data kualitatif yang dilaporkan oleh pasien saat mereka merespons “smart nuggets” yang dihasilkan oleh AI.

Dokter yang merawat, melalui aplikasi the Biovitals® Sentinel clinician-facing web dashboard, akan mengamati dan diberitahu tentang perubahan fisiologis dan efek samping yang signifikan sehingga mereka dapat melakukan intervensi bila diperlukan.

"Makin cepat indikator yang terkait dengan gejala Covid-19 diidentifikasi, makin cepat penyedia layanan kesehatan dapat melakukan intervensi dan mencegah masalah medis yang serius," kata Kuldeep Singh Rajput, CEO Biofourmis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro