Dokter Influencer Sebar Masker dan Hand Sanitizer Gratis di Jakarta dan Yogyakarta

Tanpa ada bantuan dari orang-orang baik, maka masyarakat umum akan kesulitan mendapatkan masker dan hand sanitizer di tengah wabah virus corona ini.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  15:28 WIB
Dokter Influencer Sebar Masker dan Hand Sanitizer Gratis di Jakarta dan Yogyakarta
Dokter Tirta membagikan masker kepada masyarakat di Jakarta dan Yogyakarta.

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah orang yang terinfeksi virus Corona jenis baru atau Covid-19 di Indonesia terus bertambah.

Berdasarkan data yang dikeluarkan pemerintah per Rabu (18/3/2020), terdapat tambahan 55 pasien baru yang terpapar Covid-19. Kini total pasien positif terinfeksi virus tersebut menjadi 227 orang.

Menanggapi kondisi tersebut, salah satu Influencer di Tanah Air, Tirta Mandira Hudhi yang dikenal sebagai dr. Tirta atau Cipeng menginisiasi pembagian masker dan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) secara cuma-cuma di tempat umum yang dimulai pada Kamis (19/3/2020) di Jakarta dan Yogyakarta.

Sebagai catatan, Tirta dikenal sebagai sosok yang gemar mempromosikan jenama fesyen lokal melalui akun Instagram pribadinya @dr.tirta dan kanal Youtube InCipengWeTrust. Selain itu dia juga dikenal sebagai seorang pengusaha jasa pencucian sepatu dan dokter lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Gue akan bagi [masker] di dua kota dahulu, Jogja (Yogyakarta) dan Jakarta dahulu. Menyusul Solo (Surakarta) hometown gue. Gue juga akan sempatkan bagikan hand sanitizer dan ajarin di tempat umum cara cuci tangan yang benar," katanya lewat akun Instagram-nya pada Rabu (18/3/2020).

Tirta mengungkapkan dirinya tergerak untuk melakukan kegiatan tersebut lantaran melihat banyaknya orang yang masih harus bekerja di tengah pandemi Covid-19. Sebagian besar diantaranya adalah pekerja informal berpenghasilan rendah yang kesulitan untuk melindungi dirinya dari paparan virus tersebut akibat kelangkaan sekaligus meroketnya harga masker dan hand sanitizer.

"2 juta orang bekerja sebagai ojol (ojek online), jutaan lainnya jadi freelance, tukang parkir, PKL (pedagang kaki lima), asongan, shopkeeper, penjaga SPBU, penjaga rel sepur (kereta api), penjaga halte, supir taksi, pemulung. Jadilah penerang di sekitarmu, kita nggak hidup sendiri. Anda libur dapat gaji," tuturnya.

Lebih lanjut, terkait dengan prosedur pembagian masker dan hand sanitizer, Tirta menjelaskan akan dibagikan secara acak di titik tertentu kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Dia enggan memberikan informasi secara spesifik dimana titik-titik pembagian.

"Gue ga mau share, karena nanti malah berkerumun," tegasnya.

Masker dan hand sanitizer yang akan dibagikan menurut Tirta didapatkan dari berbagai pihak. Bahkan, followers-nya yang disebut sebagai CipengClan ikut berpartisipasi dengan mengirimkan kedua benda tersebut ke apartemen miliknya.

Tanpa ada bantuan mereka menurutnya akan sulit mendapatkan masker dan hand sanitizer dalam jumlah besar di kondisi seperti saat ini.

Sebelumnya, Tirta bersama dengan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) juga menginisiasi gerakan #NutrisiGardaTerdepan . Gerakan tersebut merupakan upaya pemenuhan nutrisi berupa makanan bergizi, susu, dan vitamin bagi para tenaga medis baik dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya yang harus menangani kasus Covid-19.

"[Tenaga medis] membutuhkan energi yang besar. Salah satunya melalui nutrisi yang memadai. Untuk memenuhi upaya tersebut tim medis tidak dapat bergerak sendirian, sehingga kami selaku sejawat tenaga kesehatan berupaya menggalang dana," katanya.

Tirta menambahkan bagi masyarakat yang ingin memberikan donasinya untuk gerakan #NutrisiGardaTerdepan bisa langsung mengunjungi laman kitabisa.com/nutrisigardaterdepan atau menghubungi kontak yang tertera di akun Instagram @nutrisigardaterdepan

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Jakarta, yogyakarta, corona, Virus Corona, masker

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top