Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GrabHealth Perluas Tes Cepat dan PCR Gratis di 8 Kota

Sejak awal April 2020, kasus positif nasional telah meningkat sebanyak tiga kali lipat dan provinsi di luar Jakarta.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 22 April 2020  |  21:54 WIB
Ilustrasi petugas medis sedang melakukan tes cepat (Rapid Test) COVID-19. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi petugas medis sedang melakukan tes cepat (Rapid Test) COVID-19. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) dan GrabHealth memperluas program rapid test dan PCR test gratis kepada para tenaga medis dan mitra pengemudi Grab di delapan kota.

Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana mengatakan hal tersebut dilakukan untuk menanggapi tingginya partisipasi peserta program dan kenaikan jumlah kasus positif Covid-19 di area luar Jakarta. Kedelapan kota tersebut antara lain, Bekasi, Bogor, Tangerang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar.

"Langkah ini diambil sebagai upaya lanjutan dalam menjawab instruksi Presiden Jokowi untuk meningkatkan kapasitas rapid dan PCR test di kota-kota lain yang juga terinfeksi, tidak hanya berpusat di ibukota, dan memberikan akses kepada lebih banyak orang yang membutuhkan," kata Danu dalam siaran pers, Rabu (22/4/2020).

Dia menuturkan langkah pemerintah saat ini sangat tepat dengan menggalakkan peningkatan tes rapid dan tes PCR. Sejak awal April 2020, kasus positif nasional telah meningkat sebanyak tiga kali lipat dan provinsi di luar Jakarta menyumbang hampir 40 persen dari kasus positif.

Pihaknya menargetkan peningkatan kapasitas hingga 5,000 tes dan memperluas program rapid dan PCR test gratis ini ke 8 kota tambahan lainnya. Program tetap berfokus pada tenaga kesehatan di garda terdepan dan juga mitra pengemudi Grab sebagai dua kelompok yang paling membutuhkan fasilitas ini.

Good Doctor dan GrabHealth menargetkan untuk memberikan rapid test dan PCR test Covid-19 gratis kepada 5.000 tenaga kesehatan dan mitra pengemudi Grab di total 9 kota, yang tersebar di 8 provinsi, termasuk DKI Jakarta, hingga pertengahan Mei 2020.

Perluasan rapid maupun PCR test yang diberikan kepada tenaga kesehatan maupun mitra pengemudi akan dimulai serentak di 8 kota pada 27 April 2020 dengan periode pendaftaran dibuka sejak 23 April 2020. Adapun, registrasi melalui konsultasi dapat dilakukan setiap hari Senin-Jumat, pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Tenaga kesehatan dan mitra pengemudi yang ingin mendaftarkan diri untuk program ini dapat masuk ke aplikasi Grab dan memilih layanan ‘Kesehatan’ untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor dan melalui proses skrining.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

grab indonesia
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top