Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

8 Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Protokol kesehatan masih teta berlaku. Memakai masker dan menjaga jarak akan melindungi Anda dan orang-orang di sekitar Anda dari virus corona (Covid-19).
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 03 Juli 2020  |  16:20 WIB
Seorang anak memakai masker di sebuah toko suvenir di Hong Kong mengantisipasi penyebaran wabah coronavirus, 26 Januari 2020. - REUTERS / Tyrone Siu
Seorang anak memakai masker di sebuah toko suvenir di Hong Kong mengantisipasi penyebaran wabah coronavirus, 26 Januari 2020. - REUTERS / Tyrone Siu

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah pasien yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona (Covid-19) terus mengalami peningkatan. Aktivitas sehari-hari dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Ada banyak cara menjaga diri sendiri agar tidak terinfeksi virus corona. Berikut 8 cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat di pandemi Corona:

1. Tetap di rumah hanya dengan orang-orang yang tinggal bersama Anda

Meskipun orang mungkin menganggapnya menantang, cara terbaik untuk melindungi diri sendiri dan orang lain adalah tetap di rumah. Kita perlu menyeimbangkan keamanan dengan kebutuhan individu dan masyarakat kita untuk interaksi.

Barocas mengingatkan masyarakat bahwa virus tidak akan hilang. Bahkan, usai pelonggaran lockdown, Covid-19 justru akan melonjak di banyak negara. Dengan demikian, semakin sedikit orang yang berinteraksi dengan Anda, semakin sedikit risiko yang Anda miliki untuk mengontrak Covid-19.

Cara yang paling pasti untuk melindungi diri kita dan orang lain dari Covid-19 adalah terus berlindung di tempat dan tinggal di rumah, bahkan jika yurisdiksi lokal dan negara bagian tidak memiliki perintah ini. Jika prospek berada di dekat orang atau orang banyak membuat Anda gugup, jangan lakukan itu.

2. Pakai masker dan jangan lupa protokol dasar

Jika Anda berada di sekitar orang lain, ingatlah langkah-langkah pencegahan Covid-19.  Kuncinya adalah praktikkan kebersihan tangan dengan baik, jaga jarak sosial, dan kenakan masker di tempat umum. Barocas mengatakan bahwa mengenakan masker benar-benar aman untuk dilakukan, dan itu tidak akan menyebabkan keracunan CO2 atau menurunkan asupan oksigen Anda.

Aturan ini semua masih berlaku. Memakai masker dan menjaga jarak akan melindungi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

3. Perhatikan sirkulasi udara

Jika Anda bersosialisasi dengan orang lain di luar rumah Anda, maka hal terbaik adalah melakukannya di luar, di mana ada lebih banyak aliran udara dan ruang bagi tetesan pernapasan untuk menyebar.

Saat berada di luar, Anda harus tetap menjaga jarak fisik setidaknya enam kaki dari orang lain, dan tentu saja, mengenakan topeng. Jika Anda tidak bisa berada di luar, maka Anda perlu membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi dan sirkulasi udara.

4. Jangan mengunjungi pantai dan kolam yang ramai

Masyarakat sebisa mungkin menghindari tempat-tempat yang banyak orang berkumpul, termasuk kolam renang dan pantai.

Tidak ada bukti bahwa Covid-19 dapat menyebar melalui air di kolam air panas, kolam renang dan area bermain air. Perairan alami yang besar, seperti danau dan laut, dapat mengencerkan virus dan mengurangi risiko Anda. Namun, meskipun kolam atau air itu sendiri aman, kita tetap tidak bisa mengabaikan kondisi orang-orang yang hadir di sekitar.

5. Lindungi anak-anak

Anak-anak harus menjaga jarak sosial yang sama dengan orang dewasa. Ini memang agak berat, terutama di sekitar area bermain. Jadi pertimbangkan kegiatan yang tidak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain dan dapat dilakukan dengan mengenakan masker seperti bermain layang-layang, bermain bola tenang atau berjalan-jalan di alam.

Jika Anda bermain dengan “mainan sentuhan tinggi” di luar ruangan, seperti frisbees dan bola, Anda harus membersihkannya dengan lap desinfektan sebelum Anda membawanya ke dalam.

6. Hindari bar dan alkohol

Diskotik di beberapa negara bagian (seperti Texas, Florida, dan Arizona) sekali lagi ditutup karena lonjakan kasus. Bar terutama berita buruk bagi transmisi Covid-19, karena kondisinya yang sering padat dan berisik, yang membuat orang berbicara lebih keras dan menyebarkan lebih banyak tetesan pernapasan.

Selain itu, mengonsumsi alkohol dan mabuk mungkin membuat Anda kurang berhati-hati dalam mengikuti langkah-langkah keamanan penting,” tuturnya.

7. Jangan berbagi makanan

Tidak perlu mengadakan acara panggang-memanggang.  Minta orang untuk membawa makanan, minuman, dan peralatan sendiri. Memang belum ada bukti bahwa konsumsi makanan akan menularkan Covid-19, menurut CDC. Tetapi jika semua orang menyentuh barang yang sama, lalu makan, virus dapat dengan mudah menular dari permukaan ke mulut, hidung atau mata Anda.

Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk membatasi interaksi fisik Anda dengan orang lain akan membantu mengurangi penyebaran, bahkan di tempat-tempat di mana ada tingkat yang rendah.

Penting bagi setiap orang untuk mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan sebelum makan untuk menghindari kontaminasi.

8. Bawa tabir surya dan semprotan serangga Anda sendiri

Bila Anda menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah berarti lebih banyak terpapar sinar matahari dan serangga. Kemas botol tabir surya dan semprotan serangga Anda sendiri, dan jangan membaginya dengan orang-orang di luar rumah Anda untuk menghindari kontak yang tidak perlu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona masker covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top