Tes swab untuk memeriksa virus corona (Covid-19) di rongga hidung./istimewa
Health

Ini Laboratorium Tes Covid-19 Terbesar di Indonesia, Kapasitas Hingga 5.000

Mia Chitra Dinisari
Senin, 10 Agustus 2020 - 14:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) membuat laboratarium pemeriksaan covid-19 dengan kapasitas terbesar di Indonesia.

Laboratorium itu terletak di kawasan Cilandak Jakarta Selatan. Di GSI Lab, terdiri dari beberapa founder dimana salah satunya Arsyad Rasjid tercatat sebagai co founder.

GSI Lab merupakan laboratorium tes PCR (Polymerase Chain Reaction) pertama di Indonesia guna meningkatkan kapasitas layanan tes PCR secara nasional dan masif. Lab ini, rencananya akan dibuka secara resmi pada Rabu, 12 Agustus 2020.

Menurut informasi, laboratorium itu, nantinya mampu menampung lapasitas pemeriksaan tes 5.000 PCR per hari.

Disebutkan, GSI Lab juga akan meluncurkan program Swab And Save Indonesia yaitu sebuah program untuk membantu masyarakat yang kesulitan mengakses tes PCR.

GSI Lab adalah gerakan solidaritas dan kolaborasi bersama yang diinisiasi oleh Indika Foundation dalam rangka membantu Pemerintah Indonesia, khususnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Gerakan ini melahirkan sebuah inisiatif untuk membangun sebuah laboratorium untuk pengetesan COVID-19.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas tes PCR secara nasional dan masif. "Melalui GSI Lab, kami ingin menunjukkan rasa solidaritas dan semangat gotong-royong anak bangsa, sambil terus berusaha untuk menginspirasi bahkan mengajak seluruh elemen bangsa untuk berpartisipasi mendukung gerakan ini."

Seperti diketahui, peningkatan jumlah positif Covid-19 di Indonesia masih cenderung meningkat. Meski demikian, data jumlah kasus positif penderita virus ini di Indonesia pun belum mempresentasikan kondisi riil.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bahkan telah menetapkan target bagi masyarakat untuk melakukan tes PCR sebanyak 30.000 tes per hari, untuk terus mengungkap jumlah penyebaran virus yang terjadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro