Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kopi Hitam atau Teh Hitam, Mana yang Lebih Sehat?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi teh hitam secara teratur kehilangan berat badan ekstra.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  08:28 WIB
Kopi Hitam atau Teh Hitam, Mana yang Lebih Sehat?
Teh Hitam memiliki manfaat baik bagi kesehatan - Sosro.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap pagi, masing-masing orang memiliki rutinitas yang berbeda, ada yang meminum kopi hitam dan ada juga yang memilih teh hitam.

Mayoritas yang gemar berolahraga lebih menyukai kopi hitam. Sebab, kandungan kafein di dalam kopi hitam dapat memberikan lonjakan energi yang dibutuhkan saat berolahraga.

Selain itu, kopi hitam juga kaya akan berbagai antioksidan, magnesium, dan kalium. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi hitam memiliki risiko lebih rendah terkena obesitas dan diabetes tipe 2.

Mengutip dari Times of India, Selasa (22/12/2020), satu cangkir kopi hitam tidak memiliki kalori. Padahal teh hitam dan kopi hitam serupa tidak termasuk kandungan kafeinnya, yang lebih rendah pada teh hitam. Teh hitam tidak memiliki lemak jenuh dan meningkatkan kekebalan Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi teh hitam secara teratur kehilangan berat badan ekstra.

Sementara itu, satu cangkir teh hitam memiliki 2 kalori.

Kopi hitam dan teh hitam merupakan minuman sehat dan tergantung pada manfaat yang Anda cari. Jika Anda berolahraga di pagi hari, kopi hitam lebih baik untuk memulai metabolisme dan memberi Anda energi yang dibutuhkan untuk berolahraga di gym.

Namun jika Anda tidak suka mengonsumsi terlalu banyak kafein, teh hitam bisa menjadi pilihan yang baik. Orang yang menderita masalah kecemasan dan hipertensi harus menghindari kopi hitam.

Para ahli menyarankan agar semua orang menghindari minum kopi hitam menjelang larut malam karena dapat mengganggu tidur Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kopi teh hitam kopi hitam
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top