Ilustrasi vaksin Covid-19./Antara
Health

Mengintip Industri Kesehatan dan Kebugaran di Asia Tenggara Selama Pandemi

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Januari 2021 - 14:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi COVID-19 telah melumpuhkan banyak sektor bisnis. Mobilitas dan produktivitas masyarakat sangat terpengaruh karena banyaknya pembatasan yang diberlakukan oleh organisasi kesehatan internasional dan pemerintah berbagai negara.

Meskipun demikian, industri farmasi, perawatan kesehatan, dan kebugaran telah menjadi waktu yang sibuk, karena situasi pandemi menuntut sektor ini untuk membawa penelitian, solusi, dan inovasi mereka ke panggung global lebih cepat dari yang diharapkan.

Menyelami lebih dalam tentang bagaimana perusahaan dalam industri ini telah mendorong untuk berkembang dan tetap bertahan di tengah situasi tersebut, Isentia mengungkap data analitik media digital dan sosial yang relevan di pasar Asia Tenggara yang terkemuka - Singapura, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Berikut adalah sorotan utama dalam studi kami terhadap lanskap industri farmasi, perawatan kesehatan, dan kebugaran saat tahun baru dimulai.

Vaksin Tetap Prioritas Utama

Biasanya, diperlukan waktu bertahun-tahun untuk menguji keefektifan vaksin dan memerlukan waktu produksi tambahan. Namun, beberapa perusahaan telah mencapai tahap uji klinis pengembangan dalam waktu satu tahun setelah pandemi. Pemerintah di seluruh Asia Tenggara dan publik digital juga telah meningkatkan pesan mereka tentang prioritas vaksin COVID-19 saat kita menutup tahun 2020 dan membuka pintu pada tahun 2021.

"Selama penelitian kami, kami menemukan cakupan volume tinggi pada vaksin yang dikembangkan bersama oleh Pfizer dan BioNTech, terutama terkait keefektifan 90 persennya dalam mencegah infeksi COVID-19 dalam uji coba Fase 3 yang sedang berlangsung. Secara bersamaan, meskipun memasuki fase yang sama, Johnson & Johnson untuk sementara menghentikan uji klinis kandidat vaksin COVID-19 karena penyakit yang tidak dapat dijelaskan pada peserta studinya. Di beberapa pasar, yakni Vietnam, Singapura, Malaysia, dan Filipina, pembicaraan juga mencakup daftar prioritas vaksinasi," demikian laporan penelitian mereka dikutip dari keterangan tertulisnya. 

Analisa Isentia juga menyebutkan berkat ekonomi dan prioritas yang didorong pandemi, pergeseran ke arah industri farmasi yang lebih terintegrasi secara regional telah terjadi di seluruh pasar. Dari kerjasama global, regional dan domestik hingga kemitraan dan bahkan akuisisi bisnis, inisiatif dilakukan untuk mempercepat penemuan vaksin dan mengurangi hambatan dalam pengembangan penelitian, distribusi, dan proses perizinan untuk memproduksi vaksin secara massal.

Salah satu contohnya adalah dengan COVIFOR, salah satu produk utama dalam merawat pasien COVID-19 dan diimpor oleh PT Amarox Global Pharma (Amarox) di Indonesia dari Hetero India. Distributor lokalnya, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe), bergandengan tangan dengan Amarox dalam menyesuaikan harga pasar untuk COVIFOR (Remdesivir).

Kedua perusahaan berkomitmen untuk mendukung tujuan pemerintah dan berupaya mencapai lebih banyak kesembuhan pasien dengan mengurangi biayanya. Sementara itu, di Filipina, GlaxoSmithKline bermitra dengan Vir Biotechnology untuk memperluas eksperimen pengobatan antibodi COVID-19 mereka, setelah uji coba awal pada sekelompok sukarelawan tidak menimbulkan masalah keamanan.

Vaksin Pfizer sebagai Topik Hangat dalam Percakapan Digital

Harapan untuk ketersediaan vaksin COVID-19 telah dipertahankan dengan tingkat minat yang meningkat setelah Pfizer Inc. mengumumkan vaksinnya, yang dikembangkan bersama dengan BioNTech, menjadi 90 persen efektif dalam mencegah infeksi COVID-19 dalam uji coba Tahap 3 yang sedang berlangsung. . Pengumuman tersebut telah memicu publikasi besar-besaran dalam jurnalisme digital di enam pasar di Asia Tenggara, karena 4 dari enam pasar menempatkan Pfizer di peringkat teratas berdasarkan volume publikasi, yaitu Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Filipina.

“Kabar menggembirakan tentang Pfizer yang 90 persen efektif dalam mencegah infeksi COVID-19 telah meningkatkan kepercayaan pada pemulihan ekonomi pasar Singapura. Strategi pemerintah untuk tidak bergantung pada satu sumber pun untuk vaksin COVID-19 juga telah memicu diskusi di media sosial untuk membandingkan vaksin yang dikembangkan oleh berbagai merek farmasi, ”tambah Jenna Wang, Senior Insights Manager Singapura, Isentia.

Di sisi lain, meskipun mungkin tidak menduduki puncak di Indonesia dan Thailand, merek tersebut tetap berhasil masuk ke lima besar, menjadikannya titik fokus dalam posisi merek di wilayah tersebut. Selain itu, topik tentang Pemerintah Australia yang menandatangani dua kesepakatan untuk membeli 40 juta dosis vaksin COVID-19 dari Novavax dan 10 juta dari Pfizer dan BioNTech juga berkontribusi pada liputan publikasi.

Perusahaan Farmasi Lokal Mencetak Pencapaian di Tengah Pandemi

Terlepas dari prioritas industri saat ini, beberapa perusahaan farmasi besar lokal tetap mempertahankan daya saing dengan mencatatkan prestasi di tengah pandemi. Perusahaan obat tradisional Indonesia, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) atau Sido Muncul, masih mencatatkan kinerja positif di kuartal III tahun 2020, terutama dari pendapatan penjualan segmen jamu dan suplemen. Kenaikan pendapatan tersebut berdampak pada pertumbuhan laba bersih perseroan sebesar 10,78 persen menjadi Rp640,80 miliar dari Rp578,44 miliar pada kuartal III 2019.

“Anehnya, pandemi tersebut juga mendorong permintaan obat-obatan herbal yang dipercaya dapat menjaga kesehatan dan melindungi dari virus COVID-19. Selain itu, industri jamu diproyeksikan mengalami pertumbuhan pesat yang dipicu oleh pandemi, ”jelas Yudha Prawira, Isentia Insights Manager Indonesia.

Dexa Group melalui PT Dexa Medica memenangkan Penghargaan Industri Inovatif 2020 dari Kementerian Riset dan Teknologi dan Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia karena komitmennya untuk mengembangkan Obat Modern Asli Indonesia. Sementara di Vietnam, Domesco Medical Export JSC berhasil masuk ke dalam 50 emiten terbaik di Vietnam 2020 versi Forbes Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro