Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Menghilangkan Efek Samping Vaksin Virus Corona

Lengan yang sakit sering terjadi setelah suntikan, tetapi beberapa orang juga merasakan nyeri di seluruh tubuh mereka setelah mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19).
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 15 Februari 2021  |  14:08 WIB
Usai mendapatkan suntikan vaksin virus corona (Covid-19), lengana sering terasa pegal dan ada juga yang nyeri pada seluruh tubuh - Antara
Usai mendapatkan suntikan vaksin virus corona (Covid-19), lengana sering terasa pegal dan ada juga yang nyeri pada seluruh tubuh - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa gejala yang timbul usai mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19). Gejala seperti rasa nyeri tersebut bisa  dihilangkan.

Gejala yang paling sering timbul setelah mendapatkan suntik vaksin virus corona adalah nyeri otot dan kelelahan. Ada juga bengkak pada tempat suntikan, sakit kepala, menggigil dan kadang demam ringan. Gejala tersebut bisa mengganggu aktivitas.

Kabar baik dari respon gejala dan rasa sakit tersebut adalah tubuh sedang mengembangkan kekebalan tubuh terhadap vaksin virus corona.

Profesor pediatri, Allison Agwu mengungkapkan saat rasa sakit muncul, maka cobalah menggerakan lengan Anda. Untuk mengobati rasa sakit, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit menyarankan untuk mengoleskan kain lap bersih, sejuk, basah" ke tempat suntikan.

Lengan yang sakit sering terjadi setelah banyak suntikan, tetapi beberapa orang juga merasakan nyeri di seluruh tubuh mereka setelah mendapatkan vaksin virus corona.

"Beberapa orang mengatakan kepada saya bahwa mereka merasa seperti melakukan latihan fisik yang tinggi, sehingga otot mereka terasa pegal di tempat suntikan," kata Bonnie Maldonado, profesor pediatri dan pakar penyakit menular di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford.

Untuk demam, CDC merekomendasikan orang untuk minum banyak air dan berpakaian ringan. Istirahat dan relaksasi adalah jawaban dari kelelahan dan kelelahan. Banyak dokter menyarankan agar orang menghindari penjadwalan janji vaksinasi sebelum hari yang sibuk, sehingga mereka dapat beristirahat jika merasa lesu sesudahnya.

"Kami telah memperhatikan petugas kesehatan yang bekerja berjam-jam, mereka mengalami dehidrasi, lapar - itu bukan situasi yang bagus untuk mendapatkan vaksinasi," katanya.

Kapan saat yang tepat mencari bantuan?

Efek samping tidak boleh bertahan lebih dari 48 jam setelah mendapat suntikan. Namun, jika Anda mengalami efek samping beberapa hari setelah mendapatkan vaksin virus corona (Covid-19), maka hubungilah  dokter.

Ada satu pengecualian: Meskipun kemerahan di tempat suntikan segera setelah vaksin biasa terjadi, beberapa orang melaporkan ruam ringan yang muncul di lengan seminggu penuh setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

Biasanya, ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan dan akan hilang dalam beberapa hari, kata dokter. 

“Beberapa gejala COVID-19 dan vaksin tumpang tindih: sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, demam sampai batas tertentu,” katanya.

Namun, sesak napas dan nyeri dada bukanlah gejala vaksin virus corona. Jika Anda mengalami gejala tersebut, maka segeralah hubungi petugas layanan kesehatan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Gejala Penyakit Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top