Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Oscar: Riz Ahmed Jadi Muslim Pertama yang Mengantongi Nominasi Aktor Terbaik

Riz Ahmed berasal dari Pakistan, menjadi Muslim pertama yang dinominasikan untuk kategori aktor terbaik Academy Award dalam film Sound of Metal.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 16 Maret 2021  |  19:47 WIB
Riz Ahmed menjadi pria muslim pertama yang menerima nominasi Oscar. - aljazeera
Riz Ahmed menjadi pria muslim pertama yang menerima nominasi Oscar. - aljazeera

Bisnis.com, JAKARTA - Ahmed berperan menjadi nominasi aktor terbaik yang beragama Islam berperan sebagai drummer rock yang kehilangan pendengarannya dalam film Sound of Metal.

Aktor dan musisi Inggris Riz Ahmed berasal dari Pakistan, menjadi Muslim pertama yang dinominasikan untuk kategori Aktor Terbaik Academy Award untuk perannya dalam film Sound of Metal.

"Ketika saya mendengar nama saya sendiri, itu adalah perasaan yang aneh. Saya diam-diam mengucapkan terima kasih dan merasa bersyukur," kata pria berusia 38 tahun itu setelah mendengar nama nominasi aktor.

Ahmed juga sempat memenangkan Emmy ketika dia mengambil hadiah untuk aktor utama dalam serial atau film terbatas untuk The Night Of pada tahun 2017.

Di tahun yang sama, Mahershala Ali menjadi aktor Muslim pertama yang memenangkan Oscar untuk Aktor Pendukung di Moonlight. Dia memenangkan hadiah yang sama pada tahun 2019 untuk Buku Hijau.

Untuk para penampil, ini adalah kelompok nominasi paling beragam yang pernah ada dan jauh dari anggukan akting serba putih yang melahirkan tagar #OscarsSoWhite lima tahun lalu.

Sembilan dari 20 nominasi aktor adalah orang yang memiliki kulit berwarna, termasuk nominasi Aktor Terbaik anumerta Chadwick Boseman untuk Ma Rainey's Black Bottom, serta nominasi untuk Steven Yeun untuk Minari, Viola Davis untuk Ma Rainey's Black Bottom dan Andra Day untuk Amerika Serikat vs Billie Holiday dan nominasi aktor pendukung untuk Daniel Kaluuya dan Lakeith Stanfield untuk Judas dan Black Messiah, Leslie Odom Jr untuk One Night di Miami dan Yuh-Jung Youn untuk Minari.

Adapun piala Oscar akan dibagikan pada 25 April dalam sebuah upacara yang akan berlangsung di Teater Dolby di Hollywood dan, untuk pertama kalinya, di Union Station di pusat kota Los Angeles. Bentuk upacara maupun pembawa acara belum diumumkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

muslim aktor piala oscar

Sumber : Aljazeera.com

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top