Kanker paru/medicinenet.com
Health

Tanda Kanker Paru Bisa Dilihat dari Perubahan di Wajah Anda

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 21 April 2021 - 14:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker paru-paru adalah salah satu jenis kanker yang paling umum dan serius.

Gejala penyakit ini, bahkan bisa terdeteksi dari perubahan di wajah Anda. Alasannya, karena ketika penyakit ini terjadi, muncul pembengkakan pada vena cava superior yang menyebabkan gejala yang mengganggu ditemukan di wajah Anda.

Orang dengan kanker stadium lanjut mungkin melihat pembengkakan di wajah atau leher. Menurut Cancer Research UK, ini disebut obstruksi vena cava superior (SVCO).

Seperti yang dijelaskan Macmillan UK, vena cava superior (SVC) adalah vena besar di tengah dada. Ini membawa darah dari tubuh bagian atas ke jantung. Jika kanker menekan SVC, itu dapat menghalangi aliran darah di sepanjang vena ini.

"SVCO biasanya disebabkan oleh kanker paru-paru di dekat pembuluh darah ini dan lebih jarang jenis kanker lainnya." papar mereka dilansir dari Express.

Menurut Macmillan UK, SVCO membutuhkan perhatian medis segera. Gejala berkurang dengan oksigen dan obat yang berbeda.

“Anda mungkin diberi steroid untuk mengurangi pembengkakan. Perawatan akan tergantung pada situasi Anda. Dokter mungkin menggunakan radioterapi untuk mengecilkan kanker atau memberi Anda kemoterapi. Atau mereka mungkin memasang selang kecil (stent) ke dalam vena agar tetap terbuka. ” jelasnya.

Seperti yang dijelaskan Roy Castle Lung Cancer Foundation (RCLCF), banyak orang akan mengira wajah bengkak adalah tanda reaksi alergi. Namun, pembengkakan pada wajah bisa disebabkan oleh obstruksi vena cava superior, yang biasanya disebabkan oleh kanker paru-paru.

Vena kava superior adalah vena besar di dada, membawa darah dari bagian atas tubuh ke jantung. Menurut RCLCF, obstruksi vena kava superior terjadi ketika ada sesuatu yang menghentikan aliran darah.

Gejala SVCO lainnya mungkin termasuk:

1. Perasaan penuh di wajah saat membungkuk

2. Sesak napas

3. Sakit kepala

4. Pembengkakan di tangan, dan pembuluh darah di dada seseorang

5. Merasa pusing

6. Perubahan penglihatan seseorang.

Menurut NHS, Anda harus menemui dokter umum jika Anda memiliki gejala kanker paru-paru, seperti sesak napas atau batuk terus-menerus.

Siapa yang berisiko?

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker paru-paru. Memiliki salah satu faktor risiko ini tidak berarti bahwa Anda pasti akan terkena kanker.

Merokok tembakau adalah penyebab terbesar kanker paru-paru di Inggris, sekitar tujuh dari 10 kanker paru-paru disebabkan oleh merokok, lapor Cancer Research UK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro