Mutasi virus corona B117/istimewa
Fashion

Mudik Lokal Diperbolehkan, Simak Tips Menerima Tamu Saat Hari Raya

Lukman Nur Hakim
Jumat, 7 Mei 2021 - 12:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Larangan mudik 2021 sudah dijalankan sejak kemarin, Kamis (06/05). Tetapi, larangan mudik tidak berlaku untuk 8 daerah aglomerasi tetap diperbolehkan melakukan perjalanan mudik. Meskipun disebut sebagai mudik lokal, tapi tetap saja harus dibarengi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan diperbolehkannya mudik lokal di 8 daerah aglomerasi ini, membuat potensi silaturahmi antar keluarga di hari raya Idulfitri akan meningkat.

Terlebih saat ini pandemi masih menghantui masyarakat. Berikut, tips tips yang harus kalian ketahui dan perhatikan jika ada sanak keluarga bersilaturahmi kerumah saat hari raya.

1. Ketahui situasi kesehatan tamu

Sebelum hari raya datang, alangkah baiknya kalian mencari informasi mengenai kerabat atau sanak keluarga kalian yang kemungkinan akan bertamu kerumah. Salah satu caranya dengan bertanya apakah kerabat tersebut memiliki riwayat perjalanan jauh beberapa hari kebelakang. Setelahnya tanyakan kesehatan dari kerabat tersebut apakah memiliki riwayat demam dan batuk beberapa hari kebelakang.

Memang, hal ini terasa kurang sopan, namun usaha ini harus dilakukan untuk mengetahui apakak kerabat dan sanak keluarga yang ingin bersilaturahmi berada dalam kondisi yang sehat.

2. Batasi kerabat yang ingin bersilaturahmi setiap harinya

Jika dihitung, libur lebaran dimulai dari tanggal 12 Mei – 16 Mei 2021, berarti ada sekitar 5 hari libur yang kemungkinan besar digunakan oleh kerabat atau sanak keluarga untuk bersilaturahmi dengan kalian.

Untuk mengurangi kemungkinan besar penyebaran virus Covid-19 saat hari raya, alangkah baiknya jika kalian membatasi keluarga atau kerabat yang ingin datang setiap harinya. Kalian harus tegas dalam hal ini, contohnya dengan membatasi hanya boleh 5 keluarga saja yang bersilaturahmi di hari tertentu dengan waktu yang berbeda  beda.

3. Bersihkan rumah setelah

Dengan adanya keluarga atau kerabat yang bersilaturahmi, membuat rumah kita akan dimasuki orang lain selain keluarga kita sendiri. Hal ini berkemungkinan besar akan membawa kuman dan virus dari luar kedalam rumah kita. Maka dari itu, setelah kalian menerima tamu alangkah baiknya langsung membersihkan rumah dengan menyemprotkan disenfektan ke beberapa sudut rumah.

4. Tetap patuhi protokol kesehatan

Sediakan alat pencuci tangan didepan rumah kalian dan juga sabun untuk mencegah kuman dan virus tertempel di telapak tangan tamu yang datang. Pastikan tamu memakai masker ketika bersilaturahmi dengan kita. Terakhir jaga jarak aman dengan tamu yang berkunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro