Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terpapar Covid-19? Lakukan Ini Saat Isolasi Mandiri di Rumah

Oxymeter merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki. Alat ini berfungsi untuk mengukur saturasi oksigen dalam tubuh selama isoman Covid-19.
Yuliana Hema
Yuliana Hema - Bisnis.com 18 Juni 2021  |  14:40 WIB
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan isolasi mandiri Covid-19 di rumah. - ilustras
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan isolasi mandiri Covid-19 di rumah. - ilustras

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi seseorang yang terpapar Covid-19,  salah satu cara yang bisa dilakukan dengan melakukan isoman atau isolasi mandiri hingga keadaan dan kondisi tubuh membaik. 

Namun sebelumnya Anda perlu berkonsultasi dengan dokter apakah diizinkan untuk melakukan isolasi mandiri. Isoman sangat tergantung dengan gejala dan kondisi fisik yang Anda alami.

Dokter Astri Indah Prameswari yang merupakan spesialis paru memaparkan beberapa hal yang dapat dilakukan saat melakukan isolasi mandiri, sebagai berikut. 

1. Mengukur saturasi oksigen

Oxymeter merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki. Alat ini berfungsi untuk mengukur saturasi oksigen dalam tubuh.

“Anda harus waspada bila saturasi oksigen di dalam tubuh Anda berada di bawah 85,” papar dokter Asti. 

2. Bersihkan hidung 

Barang kedua yang perlu dimiliki adalah cairan pembersih hidung. Dokter Asti menjelaskan ini berfungsi ini membersihkan dan melancarkan saluran pernapasan. “Lakukan pembilasan sebanyak tiga kali sehari,” pungkasnya. 

3. Berkumur

Selama isoman, mulailah rajin untuk berkumur dengan obat kumur antiseptic. Dokter Asti menyarankan untuk berkumur sebanyak tiga kali sehari. Hal ini berguna untuk membersihkan virus yang tinggal di rongga mulut dan tenggorokan. 

4. Latihan pernafasan 

Lakukan latihan pernafasan secara berkala dengan menggunakan alat bantu seperti sedotan dan gelas yang berisikan air yang diberi cairan antiseptic. Hal ini berguna untuk membantu tubuh untuk mengeluarkan udara kotor. 

“Tarik napas dan buang napas melalui sedotan secara perlahan sampai udara dalam paru-paru terasa habis,” jelas dr. Asti. 

5. Tidur secara tengkurap

Ketika isolasi mandiri, cobalah tidur dengan posisi tengkurap sesering mungkin. Gunakan bantuan bantal untuk mengganjal dada dan wajah. 

6. Konsumsi obat dan Vitamin 

Tetap konsumsi obat dan vitamin terutama Vitamin C, Vitamin D3 dan zinc sesuai anjuran dokter.  “Bila kondisi Anda semakin memburuk, segera periksakan diri Anda ke rumah sakit atau melalui telekonsultasi,” papar Asti. 

Dokter Asti menegaskan meski telah papar, seseorang masih bisa terinfeksi kembali sehingga perlu untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjalani hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 isolasi mandiri
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top