Cawapres Jokowi, Ma'ruf Amin (Ketua MUI Non-aktif) menikmati keindahan alam Raja Ampat, Papua Barat sebelum mengikuti kegiatan rapat kerja nasional (Rakernas) Majelis Ulama Indonesia ke-IV, di Waisai, Papua Barat
Travel

Wapres Maruf Ajak Berwisata ke Raja Ampat

Nindya Aldila
Senin, 28 Juni 2021 - 18:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mempromosikan berwisata ke Raja Ampat, Papua sebagai langkah pemulihan sektor wisata daerah di tengah pandemi. Hal ini disampaikan oleh Wapres dalam Raja Ampat E-Festival pada Senin (28/6/2021).

“Saya mengajak kita semua untuk berwisata ke Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya. Berwisatalah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” katanya.

Pengembangan pariwisata di Raja Ampat selaras dengan pelaksanaan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Pemerintah bersama pemangku kepentingan menyusun rencana aksi dengan desain pembangunan berbasis Orang Asli Papua (OAP).

Dalam kesempatan ini, Wapres meminta Menteri Komunikasi dan Informatika untuk memastikan infrastruktur telekomunikasi di wilayah Papua Barat dan Papua terlayani dengan baik.

Selain telekomunikasi, Wapres mengatakan pemulihan sektor wisata juga harus didukung dengan kesiapan pelaku usaha dalam menyediakan produk-produk UMKM, seperti souvenir dan kuliner khas Papua.

“Tak lupa saya juga ingin mendorong agar destinasi-destinasi wisata menyediakan fasilitas bagi para pelancong muslim agar merasa nyaman dan betah, seperti tempat shalat dan makanan atau restoran halal,” ungkapnya.

Terkait dengan digitalisasi UMKM, Wapres mengatakan perlu adanya peningkatan literasi digital bagi SDM yang terlibat dalam kepariwisataan, pelaku UMKM dan masyarakat.

Beberapa program yang dapat mendukung di antaranya adalah Digital Leadership Academy, Digital Talent Scholarship, dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi untuk warga Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro