Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Kebiasaan Kecil Tapi Penting untuk Jaga Kesehatan di Usia Muda

Selain gigi menguning dan bau mulut, merokok juga meningkatkan risiko siklus menstruasi dan masalah kesuburan, osteoporosis, kanker, penyakit jantung dan stroke.
Janlika Putri Indah Sari
Janlika Putri Indah Sari - Bisnis.com 30 Agustus 2021  |  14:49 WIB
Pisang dan susu - istimewa
Pisang dan susu - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Memasuki usia 20an akan sangat penting untuk merawat diri dan menjaga kesehatan.

Perawatan diri bukan hanya tentang manikur dan masker perawatan kulit.

Perawatan diri di usia 20-an adalah tentang membangun fondasi yang sehat untuk masa mendatang.

Dilansir dari womensweekly, Senin (30/8/2021) berikut adalah gaya hidup yang wajib dilakukan di usia 20an:

1. Nikmati makanan asli

Sangat mudah untuk mengandalkan makanan olahan atau siap saji yang praktis. Namun, makanan tersebut hanya akan memberikan sedikit energi.

Kekurangan zat besi umum terjadi pada usia ini, jadi penting untuk memastikan cukup makan makanan kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak atau sumber non-hewani seperti kacang polong, gandum utuh, dan sayuran hijau. Perlu diingat bahwa sumber perawatan zat besi nabati tidak diserap dengan baik. Jadi pasangkan makanan ini dengan sumber vitamin C, seperti buah jeruk, tomat atau capsicum.

2. Aktif bergerak

Sekarang adalah waktu terbaik untuk menjelajahi pilihan kebugaran. Cari tahu apa yang cocok untuk Anda dan patuhi itu. Kebanyakan orang langsung berlari tetapi itu bukan satu-satunya pilihan kebugaran, terutama jika Anda tidak suka berlari. Ada bola basket, bulu tangkis, tenis atau olahraga yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah di rumah seperti yoga atau pilates.

3. Berhenti merokok

Selain gigi menguning dan bau mulut, merokok juga meningkatkan risiko siklus menstruasi dan masalah kesuburan, osteoporosis, kanker, penyakit jantung dan stroke. Merokok juga dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi seperti pneumonia dan Influenza dan menurunkan kadar antioksidan pelindung dalam darah.

4. Kuatkan fondasinya

Semakin dini melindungi tulang, semakin besar kemungkinan memiliki tulang yang kuat seumur hidup. Makan makanan yang kaya kalsium 1000 mg setiap hari dan memastikan mendapatkan cukup sinar matahari untuk membuat vitamin D, serta berolahraga adalah tiga faktor kunci untuk membantu membangun mempertahankan tulang yang kuat.

5. Lindungi Kulit

Anda bisa membantu menunda timbulnya kerutan, kulit kendur dan kerusakan akibat sinar matahari dengan rajin mengoleskan tabir surya ke wajah dan tubuh setiap hari.

6. Tidur nyenyak

Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup lebih mungkin untuk sakit setelah terkena virus, dengan kurang tidur juga mempengaruhi waktu pemulihan jika sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tips tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top