Ilustrasi jus sayuran yang baik untuk kesehatan/Freepik
Health

3 Jenis Jus yang Cocok untuk Orang Berusia 50 Tahun Ke Atas

Lukman Nur Hakim
Kamis, 3 Februari 2022 - 20:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jus merupakan minuman yang menyegarkan ketika kita minum saat tubuh sedang butuh cairan. Apalagi, jika jus tersebut adalah jus buah. Selain menyegarkan, jus buah juga menyehatkan tubuh.

Jus yang terbuat dari buah dan sayuran asli tanpa tambahan gula dapat memberikan banyak nutrisi bermanfaat bagi tubuh Anda dengan cara yang mudah dan cepat.

Namun, Anda harus waspada. Pasalnya, saat ini banyak jus dipasarkan dengan label "sehat", tetapi dibuat banyak gula tambahan dan sangat sedikit nutrisi.

Hal tersebut justru akan menjadi salah satu faktor datangnya penyakit. Terlebih, bagi seseorang yang sudah berumur 50 tahun ke atas, mengkonsumsi gula berlebih merupakan hal yang harus dijauhi.


Untuk orang yang berusia 50 tahun ke atas, jus terbaik merupakan campuran buah dan sayuran segar, tanpa pengawet atau gula tambahan. Anda hanya bisa mencampurkan sayuran dan buah-buahan saja, tanpa adanya gula serbuk atau gula cair.

Jus sayuran bermanfaat kesehatan lain selain serat bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun, terutama jika Anda memilih sayuran tertentu untuk dimasukkan.

Berikut 3 jus yang cocok untuk seseorang yang berumur 50 tahun ke atas seperti dilansir dari Eat This! pada Kamis (3/2/2022).

1. Jus Kale

Minum jus kale telah dipercaya dapat membantu kesehatan jantung, yang dapat membantu mereka yang berusia di atas 50 tahun. Ini terjadi karena jantung mereka mengalami banyak perubahan seiring bertambahnya usia.

Sebuah studi dari Biomedical and Environmental Sciences menemukan bahwa pria yang mengonsumsi jus kale selama 3 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) dan peningkatan kolesterol HDL, yang merupakan jenis yang sehat untuk jantung Anda.

2. Jus Rumput Gandum

Ada alasan mengapa rumput gandum sangat populer untuk diminum dalam bentuk jus, meskipun rasa sayurnya sangat kuat. Pertama, kadar klorofilnya yang tinggi diketahui membantu melawan peradangan, yang sangat penting untuk penuaan yang sehat.

Kedua, bubuk rumput gandum juga ditemukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung pada wanita selama periode 10 minggu.

3. Jus Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang bermanfaat untuk dimasukkan ke dalam jus Anda. Brokoli mengandung antioksidan yang disebut kaempferol (senyawa yang juga ditemukan dalam bayam dan kangkung).

Satu studi terhadap hampir 1.000 peserta menemukan bahwa mengonsumsi kaempferol secara teratur (satu porsi setiap hari) dikaitkan dengan memperlambat jenis penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan.

Penelitian lain menemukan bahwa antioksidan ini juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan dan perlindungan dari penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro