Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Panjang Umur dan Hidup Sehat Mulai Usia 20 Tahun

Ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan agar hidup sehat di usia muda dan bisa panjang umur hingga tua.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 16 Maret 2022  |  12:11 WIB
Tips Panjang Umur dan Hidup Sehat Mulai Usia 20 Tahun
Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pada usia 20 tahun manusia akan mulai menemukan hal yang baru entah itu hal positif atau negatif dan hal itu akan berpengaruh di masa yang akan datang.

Simak berikut 6 tips sehat untuk hidup seimbang pada usia 20 an yang dilansir Southerncourier.co.za pada (15/3/2022):

1. Jangan meminum alkohol

Di usia 20-an tentu saja jiwa pada remaja akan bergejolak untuk mencoba hal yang baru, termasuk mencoba meminum alkohol. Namun, terlalu banyak minum dapat menyebabkan penyakit hati dalam jangka panjang dan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker dan masalah jantung.

2. Membatasi waktu melihat layar

Menghabiskan berjam-jam waktu untuk melihat perangkat digital akan mengganggu waktu tidur dan bisa saja akan mengidap penyakit insomnia, karena dengan melihat cahaya biru yang dipancarkan layar akan menipu kerja otak yang akan terus waspada dengan menekan melatonin.

Melatonin ini adalah hormon yang mengatur siklus tidur, tips untuk menghindari hal ini dengan aturan 20/20 yang berarti setiap 20 menit dihabiskan untuk melihat layar, lihatlah sesuatu dari kejauhan selama 20 detik.

3. Mengutamakan kesehatan jiwa

Kesehatan jiwa pada usia 20an rawan terganggu karena secara langsung atau tidak langsung pada usia ini seringkali mendapat tekanan. Oleh karena itu kesehatan mental harus dirawat dengan mengenali terlebih dahulu kebutuhan pada diri sendiri dan memenuhi kebutuhan tersebut.

Perlu dicatat cara terbaik sebelum mendukung orang lain adalah melihat kondisi diri sendiri terlebih dahulu.

4. Membaca buku

Berusaha untuk belajar dan mencerahkan diri dengan menyediakan buku yang berhubungan dengan minat atau hobi diri sendiri karena menurut penelitian University of Sussex, membaca dapat mengurangi stress yang lebih baik daripada berjalan jalan atau mendengarkan musik dan dapat mengurangi tingkat stress hingga 68 persen.

5. Menggerakan tubuh

Olahraga apapun akan membantu meningkatkan Kesehatan seperti yoga, olahraga tim, jogging dan lainnya. Jika kesulitan dalam olahraga, sisihkan setengah jam setidaknya sehari sekali untuk berolahraga, lakukan 10 menit setiap kali.

Ini dapat mencakup 10 menit peregangan dan sit-up di pagi hari, 10 menit berjalan kaki dengan anjing saat Anda pulang kerja, ditambah 10 menit angkat beban.

6. Tidur yang cukup

Dengan tidur di malam hari dan bangun di pagi hari setiap hari maka akan menyebabkan jam tidur anda menjadi terbiasa, jangan menjadikan mengerjakan tugas, pekerjaan, atau alasan jam aktif saat malam hari sebagai alasan karena itu akan menjadikan suatu rutinitas yang buruk bagi hidup anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan tips sehat minuman beralkohol
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top