Pertengkaran/boldsky.com
Relationship

Istilah Silent Treatment, Bahasa Anak Muda yang dapat Picu Keretakan Hubungan

Widya Islamiati
Senin, 15 Agustus 2022 - 19:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bahasa kamus anak muda memang tak habis-habisnya menciptakan istilah-istilah baru yang menarik untuk dipelajari.

Baru-baru ini istilah silent treatment merebak. Istilah ini digunakan ketika seseorang sedang berada dalam konflik dengan orang lain dan salah satunya memilih untuk menghindari komunikasi. Umumnya juga diterapkan pada  sebuah hubungan percintaan.

Meskipun dalam kamus anak muda, istilah ini sering dikait-kaitkan dengan permasalahan yang dihadapi oleh pasangan muda-mudi, namun silent treatment juga dapat terjadi dalam hubungan apapun, orang tua dengan anak, ataupun dengan teman.

Berikut ini ulasan mengenai silent treatment berdasarkan beberapa sumber.

Silent treatment bukan hanya memilih untuk 'berdiam' ketika sedang ditimpa masalah. Tetapi juga bisa diartikan sebagai bentuk penolakan terhadap masalah ataupun terhadap orang yang berkaitan dengan masalah tersebut. Sebagian orang mendefinisikan hal ini juga sebagai hukuman yang ditujukan kepada seseorang untuk membuktikan kuasa atas orang itu, definisi ini termasuk dalam bentuk pelecehan emosional.

Contoh perilaku silent treatment

Contoh perilaku silent treatment adalah ketika seseorang menghindari berbicara ketika sedang berada dalam konflik, bisa karena dia tidak mengetahui apa yang harus dia bicarakan, tidak tahu harus bagaimana mengungkapkan emosi atau bahkan bisa juga karena ingin menghukum lawannya. 

Misal ketika sedang ada percekcokan antara suami dan istri. Ketika suami lebih memilih diam agar sang istri mengetahui bahwa suami sedang kesal padanya, sehingga memilih berdiam dan tidak menegurnya selama beberapa waktu.

Efek silent treatment pada hubungan

Sebenarnya, silent treatment bukanlah solusi yang baik yang bisa dilakukan ketika menemui konflik. Mendiamkan masalah dan menghindari konflik hanya akan memperpanjang permasalahan dan memiliki kemungkinan yang kecil untuk berdiskusi tentang keluhan ataupun penyelesaian.

Ketika satu pihak ingin menyelesaikan permasalahan dengan berbicara dan mendiskusikan solusi, pihak yang lain justru menarik diri, hal ini dapat menimbulkan emosi negatif yang memicu kemarahan.

Inilah mengapa silent treatment dinilai tidak baik untuk kesehatan hubungan. Penyelesaian masalah dengan lawan yang memilih silent treatment bisa diatasi dengan menunggu situasi agar mendingin untuk menyelesaikan masalah lalu meminta maaf dan mengakui perasaan orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro