Anak Sakit/boldsky.com
Health

BPJS Kesehatan: Pasien Gagal Ginjal pada Anak Tahun Ini Sebanyak 1174 Kasus

Widya Islamiati
Jumat, 21 Oktober 2022 - 12:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenkes merilis data terkini kasus gangguan ginjal misterius pada anak per Senin (18/10/2022) mencapai 206 kasus dengan angka kematian mencapai 99 kasus.

Sedangkan berdasarkan data yang diterima Bisnis, BPJS mencatat ada sebanyak 1174 kasus gagal ginjal anak usia 0-14 tahun (GGA) secara keseluruhan sejak bulan Januari hingga Agustus 2022.

Dari data tersebut, sebanyak 732 kasus diantaranya merupakan pasien Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL) dan 442 diantaranya merupakan pasien Rawat Jalan Tingkat Lanjut atau RJTL.

Saat ditanyai mengenai perbedaan jumlah kasus, dalam hal ini, Kepala Humas BPJS Kesehatan Muhammad Iqbal Anas Ma'ruf menyebut bahwa data tersebut merupakan data BPJS Kesehatan yang diambil dengan koding INA CBGS N17, khusus untuk data gangguan ginjal pada anak secara keseluruhan.

"Data BPJS diambil dengan koding Ina Cbgs N1, spesifik gagal ginjal anak, dari data yang di BPJS Kesehatan, perbedaan data bisa saja terjadi," ungkap M. Iqbal kepada Bisnis pada Jumat (21/10/2022).

Menurutnya, BPJS hanya punyai data mengenai penyakit gagal ginjal anak secara keseluruhan, tidak menspesifikasi data gangguan ginjal misterius yang kini sedang merebak.

"Kalo yang misterius, itu BPJS tidak melakukan tracing, saya tidak bisa membandingkan data tersebut," ungkapnya.

Selain itu, M. Iqbal juga menyebut, data dari Kemenkes lebih spesifik pada gangguan ginjal misterius anak yang dapat dipertanggung jawabkan.

"Data resmi yang dikeluarkan kemenkes tentu bisa dipertanggung jawabkan ya," pungkas Iqbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro