Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata./Bisnis-Arief Hermawan P
Fashion

Sisternet, Upaya XL Axiata Berdayakan Perempuan di Sektor UMKM

Rahmi Yati
Jumat, 11 November 2022 - 08:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) menyediakan platform Sisternet, sebuah program yang bertujuan memberdayakan perempuan di sektor UMKM, salah satunya lewat pelatihan terkait pemahaman kewirausahaan.

Director & Chief Digital Transformation and Enterprise Business Officer XL Axiata Yessie Yosetya mengatakan platform Sisternet ini merupakan kolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) serta Microsoft Indonesia.

"Di XL kami punya platform namanya Sisternet yang kami bekerja sama dengan KPPPA dan Microsoft untuk memberikan pelatihan pada perempuan UMKM," katanya dalam acara Satu Festival, Kamis (10/11/2022).

Dia menyebut, salah satu pelatihan yang diberikan adalah menyangkut akses terhadap finansial. Lewat Sisternet, diharapkan para perempuan pelaku UMKM dapat lebih paham dan bijak sehingga meningkatkan usahanya.

"Jadi kalau kita memberikan pelatihan lebih banyak terkait finansial maka harapannya mereka sudah mengerti dan kita bisa memberdayakan perempuan lebih lanjut lagi," tuturnya.

Adapun dia menambahkan, Sisternet berkomitmen mendukung perempuan Indonesia untuk tumbuh dan meningkatkan kehidupan mereka melalui pemanfaatan internet dan teknologi menuju industri 4.0.

Sisternet juga bertujuan meningkatkan soft-skill para UMKM perempuan Indonesia melalui kelas edukasi secara gratis dengan target men-digitalkan kurang lebih 1 Juta UMKM perempuan Indonesia pada tahun 2025.

"Dengan Sisternet para perempuan bisa bersama-sama saling menginspirasi, berbagi pengetahuan, dan belajar bagaimana internet dan teknologi dapat membantu bisnis mereka berkembang," imbuh Yessie.

Sebagai tambahan, berdasarkan catatan idEA (Indonesia E-Commerce Association), pada Agustus 2022 sebanyak 20,24 juta UMKM sudah go digital. Adapun data Kemenkop mencatatkan sudah 67,4 persen dari target pemerintah sebesar 30 juta UMKM masuk ekosistem digital pada tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro