Sederet Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh (pexels)
Health

Sederet Kandungan dan Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Nuraini
Kamis, 12 Januari 2023 - 20:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manfaat kacang hijau sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut dikarenakan kacang hijau mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Kandungan Kacang Hijau Kering

Sama halnya dengan kacang-kacangan lainnya, kacang hijau juga memiliki banyak nutrisi. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram kacang hijau kering diketahui mengandung air, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan abu.

Kandungan kacang hijau lainnya yaitu kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng. Selain itu, terdapat juga kandungan beta karoten, karoten total, vitamin B1, B2, niasin, dan vitamin C.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Kacang hijau diketahui mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari situs yankes.kemkes.go.id, berikut ini beberapa manfaat makan kacang hijau untuk menunjang kesehatan tubuh.

1. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan serat dan folat yang terdapat di dalam kacang hijau membuat makanan ini bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan serat pada kacang hijau juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah, serta bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah. Kondisi inilah yang akan membuat jantung lebih sehat.

2. Mengontrol gula darah

Manfaat kacang hijau untuk pria dan wanita lainnya yaitu bisa membantu mengontrol gula darah. Kandungan serat dalam kacang hijau berperan penting untuk mengontrol gula dalam darah. Konsumsi makanan kaya serat diketahui tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula dalam darah.

3. Membantu penyerapan nutrisi

Selain menjaga kadar gula dalam darah, kandungan serat pada kacang hijau juga bisa membantu proses penyerapan nutrisi dari makanan. Hal tersebut juga membuat imun tubuh meningkat dan tubuh tidak mudah sakit.

4. Melancarkan pencernaan

Manfaat kacang hijau lainnya yaitu bisa membantu melancarkan saluran pencernaan. Kandungan serat dalam kacang hijau bisa meningkatkan jumlah air di organ usus. Dengan demikian, buang air besar menjadi lebih lancar dan risiko sembelit bisa dihindari.

5. Manfaat kacang hijau untuk lambung

Kacang hijau juga diketahui aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Pasalnya, makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang mudah dicerna sehingga bisa mencegah perut kembung. Kandungan antioksidan dalam kacang hijau juga dapat meredakan radang akibat jumlah asam lambung yang berlebih.

Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Kacang hijau juga diketahui aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan, nutrisi yang terkandung didalamnya berguna untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungannya. Berikut sejumlah manfaat kacang hijau untuk wanita hamil.

1. Menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan

Salah satu manfaat bubur kacang hijau untuk ibu hamil yaitu bisa menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Manfaat ini ditunjang oleh kandungan asam folat yang ada didalamnya,

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa apabila kebutuhan asam folat selama hamil terpenuhi, maka risiko bayi lahir cacat semakin minim.

2. Mencegah sembelit

Sembelit menjadi salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami ibu hamil. Sembelit bisa membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan tentu saja mengganggu kinerja saluran pencernaan.

Untuk mencegah hal tersebut, maka ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan kaya serat. Kacang hijau merupakan salah satu makan yang tinggi serat. Selain itu, ibu hamil juga perlu mencukupi kebutuhan air dan nutrisi penting lainnya.

Itulah sejumlah manfaat kacang hijau yang sayang untuk dilewatkan. Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, konsumsi kacang hijau perlu diimbangi dengan konsumsi makanan bernutrisi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro