Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Kacang hijau memiliki manfaat untuk meredakan depresi bagi orang yang menghadapi tekanan hidup.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 18 November 2022  |  13:05 WIB
Kacang hijau - Istimewa
Kacang hijau - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memiliki ukuran yang kecil, kacang hijau merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk konsumsi nasi.

Kacang hijau (Vigna radiata) mulanya berasal dari India. Kemudian keberadaannya menyebar ke China dan berbagai wilayah di Asia Tenggara.

Di Indonesia, kacang hijau menempati urutan ketiga, sebagai tanaman pangan legum terpenting setelah kedelai dan kacang tanah.

Biasanya kacang hijau diolah masyarakat menjadi bubur. Dalam penyajiannya, bubur kacang hijau dapat dilengkapi dengan santan dan ketan. 

Rasa manis dan gurih yang dihasilkan saat mengonsumsi bubur kacang hijau, menjadikannya begitu populer dikalangan masyarakat. Selain itu, kacang hijau juga dapat diolah menjadi aneka minuman dan isi kue-kuean.

Berikut manfaat kacang hijau bagi kesehatan:

1. Menyehatkan Kulit

Kacang hijau yang kaya akan sifat anti-inflamasi, vitamin A dan C, berkhasiat untuk melawan kulit kusam, memperbaiki tekstur kulit, hingga mampu melindungi kulit dari kerusakan UVA dan UVB. 

Tak hanya itu, kacang hijau juga mampu menghilangkan kotoran, mencegah munculnya jerawat, menenangkan kulit gatal dan menjaga kulit tetap terhidrasi.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Kacang hijau merupakan sumber potasium, magnesium, dan serat yang baik. Bahkan, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa setiap nutrisi ini sangat berguna untuk membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

3. Melancarkan Pencernaan

Secara khusus, kacang hijau mengandung sejenis serat larut yang disebut dengan pektin. Pektin diyakini mampu membantu melancarkan pencernaan.

4. Mengurangi Depresi

Asam folat yang dimiliki kacang hijau diyakini berkhasiat untuk mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. 

Homosistein merupakan senyawa asam amino penting yang sangat dibutuhkan oleh otak manusia. Jika asam amino tidak dapat dikelola dengan baik oleh tubuh, maka akan berpengaruh pada penurunan fungsi otak.

Homosistein ini dapat mengganggu produksi serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan. 

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kacang hijau kaya akan serat dan protein. Hal inilah yang membuat kacang hijau berkhasiat untuk membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Sebuah studi menunjukkan bahwa antioksidan kacang hijau, yakni vitexin dan isovitexin, bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dan dapat membantu insulin bekerja lebih efektif.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kacang hijau makanan tips sehat minuman
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top