Ilustrasi eco enzyme yang sedang difermentasi/inpertanpangan.demakkab.go.id
Health

Manfaat dan Cara Buat Eco Enzyme, Sampah yang Bisa Bersihkan Udara dari Polusi

Restu Wahyuning Asih
Senin, 11 September 2023 - 12:16
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Di tengah masalah polusi udara yang semakin mengkhawatirkan, muncul ide penyemprotan eco enzyme untuk membersihkan udara.

Exo Enzyme sendiri merupakan cairan multifungsi yang dihasilkan melalui proses fermentasi dari campuran sisa sampah organik seperti sisa makanan, buah-buahan dan sayuran. Kemudian biasanya akan dicampur dengan gula merah tebu dan air.  

Pembuatannya yakni dicampurkan dan difermentasi selama 3 bulan untuk kemudian disemprotkan sebagai pengurai polusi atau cairan penyubur tanaman.

Adapun manfaat lain dari eco enzyme ini yakni bisa menggantikan produk rumahan yang terbuat dari bahan kimia. Misalnya pembersih lantai hingga sabun cuci piring.

Melansir dari zerowaste.id, eco enzyme bermanfaat untuk mengurangi polusi karena gas metana yang dikeluarkan dari sampah dapat memerangkap 21x lebih banyak panas daripada CO2.

Kemudian manfaat eco enzyme lainnya yaitu air purify, sehingga racun yang ada di udara bisa hilang. Bau-bau tidak sedap juga dibersihkan dengan cairan ini.

Lalu bagaimana cara membuat eco enzyme?

Siapkan sampah-sampah organik yang sudah dikumpulkan, boleh dari sayur, buah-buahan, dan sisa makanan.

Kemudian siapkan juga gula merah (brown sugar) dan air secukupnya.

Biasanya rumus membuat eco enzyme ini adalah dengan komposisi 3 : 1 : 10 (sampah: gula: air). Misalnya 300 gram sampah dari buah-buahan, kemudian 100 gram gula, dan siapkan 1 liter air.

Cara membuat eco enzyme:

1. Campurkan semua bahan (sampah organik, gula merah, air) ke dalam botol bekas, bisa juga menggunakan blender untuk mencacah limbah, kemudian campur gula dan air dalam botol.

2. Simpan di tempat yang kering dan sejuk dengan suhu dalam rumah

3. Biarkan sampah difermentasi selama 3 bulan, dan buka setiap hari di 2 minggu pertama, kemudian 2-3 hari sekali, kemudian seminggu sekali. Di minggu pertama akan ada banyak gas yang dihasilkan.

4. Kadang akan muncul juga lapisan putih di permukaan larutan. Apabila cacing muncul tambahkan gula segenggam, aduk rata kemudian tutup botol kembali

5. Setelah 3 bulan, saring eco enzyme menggunakan kain kasa atau saringan

6. Cairan yang dihasilkan sudah bisa digunakan untuk berbagai manfaat

Sisa residu juga bisa digunakan lagi untuk membuat exo enzyme yang baru dengan menambahkan sampah segar sesuai dengan rumus.

Namun bila Anda memiliki tanaman, sisa residu bisa dijadikan pupuk alami untuk membuat tanaman yang anda miliki cepat tumbuh.

Catatan penting saat membuat eco enzyme

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro