Manfaat dan khasiat jus buah sayuran dan buah/Easy Green
Health

Rekomendasi 8 Jus Buah dan Sayur  Untuk Meningkatkan Imun Tubuh

Redaksi
Selasa, 4 Juni 2024 - 08:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Konsumsi jus buah dan sayur merupakan alternatif yang baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Berbagai jenis buah dan sayur dapat dikombinasikan dalam minuman jus, dengan khasiat dan rasa yang beragam.

Sistem imuni pada tubuh akan terus bekerja secara aktif untuk menentukan jenis sel yang baik dan buruk dalam tubuh manusia. Hal ini membuktikan bahwa untuk menunjang kebutuhan sistem imun, dibutuhkan adanya peran vitamin dan nutrisi lainnya, salah satunya melalui minuman jus.

Dilansir dari healthline.com, Selasa (4/6/2024) untuk membuat minuman jus yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh, pastikan bahan-bahan yang digunakan memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk menunjang fungsi organ di dalam tubuh.

Anda dapat mengkombinasikan buah dan sayur yang beragam mulai dari kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, mineral, dan lainnya.

Berikut kombinasi jus buah dan sayur yang baik untuk meningkatkan imun tubuh:

1. Jeruk, apel hijau, dan wortel

Jeruk, apel hijau, dan wortel merupakan kombinasi jus buah dan sayur yang mampu melindungi tubuh dari infeksi. Kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B6, dan antioksidan pada jus tersebut mampu mengoptimalkan poliferasi sel kekebalan dan produksi antibodi.

Jenis buah dan sayur ini, cocok dikonsumsi saat musim panas untuk menjaga kesegaran pada tubuh, dan meningkatkan imunitas saat kondisi cuaca tak menentu.


2. Buah bit, apel, wortel, dan jahe

Buah bit, apel, wortel, dan jahe merupakan kombinasi jus buah serta sayur yang mampu menyediakan nutrisi untuk melawan peradangan. Peradangan sering terjadi ketika respon imun terhadap infeksi yang berasal dari virus dan bakteri. Gejala yang ditimbulkan berupa batuk, pilek, dan rasa nyeri di sekitar tubuh.

Anda dapat mengonsumsi jus kombinasi tersebut, untuk meningkatkan imun tubuh, dan mencegah penyebaran infeksi serta bakteri yang hidup dalam tubuh manusia.


3. Stroberi dan kiwi

Stroberi dan kiwi merupakan kombinasi jus yang baik untuk memberikan dorongan vitamin C dalam tubuh. Vitamin C mampu meningkatkan sistem kekebalan dan baik untuk peningkatan imun dalam tubuh. Kombinasi stroberi dan kiwi dapat ditambahkan dengan yoghurt untuk menghasilkan bakteri baik pada usus, serta melindungi pencernaan dari bakteri penyebab penyakit.

4. Semangka dan daun mint

Semangka dan daun mint merupakan kombinasi jus yang memiliki sensasi segar. Aroma perpaduan segar dari daun mint, ditambah dengan rasa semangka yang manis, membuat jus tersebut cocok dikonsumsi sebagai minuman pencuci mulut yang sehat.

Semangka memiliki kandungan mineral dan vitamin C, yang baik untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap imun dalam tubuh manusia. Anda dapat mencampurkan jus semangka dan daun mint bersama apel maupun jeruk.

5. Apel hijau, selada, dan kale

Apel hijau, selada, dan kale merupakan kombinasi jus hijau yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta pembangkit nutrisi pada tubuh. Kombinasi jus buah dan sayur hijau, dapat dicampurkan dengan bahan lainnya berupa peterseli maupun bayam untuk meningkatkan vitamin C, A, dan K.


6. Stroberi dan mangga

Stroberi dan mangga merupakan kombinasi jus yang baik bagi kesehatan. Perpaduan stroberi dan mangga memiliki sensasi segar, asam, serta manis. Anda dapat mengonsumsi jus tersebut dengan campuran susu serta almond, untuk meningkatkan antioksidan dan mendukung sistem kekebalan pada tubuh.


7. Tomat

Tomat merupakan salah satu minuman jus yang memiliki khasiat baik bagi tubuh. Cita rasa segar, asam, dan manis dari tomat, membuat minuman jus ini cocok dikonsumsi saat cuaca panas di siang hari. Kandungan yang tersedia dalam tomat adalah vitamin B9 atau yang dikenal dengan folat, untuk membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh.


8. Biji labu 

Jus biji labu atau pumpkin seed, merupakan minuman yang baik untuk memelihara kesehatan pada tubuh manusia. Biji labu dikenal sebagai sumber zinc yang baik untuk meredakan peradangan, salah satunya baik untuk pengobatan flu. 

Jus biji labu hanya dibuat dengan bahan air, tanpa adanya tambahan gula. Dalam pembuatan  jus dari buah dan sayur sebaiknya tidak menggunakan bahan campuran gula, supaya khasiat dan kandungan nutrisi di dalamnya, dapat terjaga dengan baik.

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro