Partikel virus cacar monyet atau monkeypox./Istimewa
Health

Ini Gejala Pertama Cacar Monyet yang Harus Diwaspadai

Rika Anggraeni
Sabtu, 14 September 2024 - 14:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Cacar monyet (monkeypox) dinyatakan sebagai keadaan darurat global pada 14 Agustus 2024 setelah laporan wabah penyakit dilaporkan di luar Republik Demokratik Kongo.

Melansir dari Times of India, Sabtu (14/9/2024), Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan (WHO) menyatakan cacar monyet sebagai PHEIC atau keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

WHO menyebut bahwa lebih dari 120 negara telah mengkonfirmasi lebih dari 103.000 kasus mpox sejak awal wabah global pada 2022. “Pada 2024 saja, ada 25.237 kasus yang dicurigai dan dikonfirmasi dan 723 kematian akibat wabah yang berbeda di 14 negara di Wilayah Afrika [berdasarkan data dari 8 September 2024]," kata WHO.

Simak gejala pertama dari cacar monyet:

Gejala seperti demam dan sakit kepala harus dianggap sebagai tanda peringatan. Biasanya, gejala cacar monyet mirip dengan demam virus, seperti demam tinggi, sakit kepala, nyeri tubuh, dan kelemahan yang mendalam.

Adapun, periode infeksi dimulai 1 hingga 2 hari sebelum ruam mulai muncul. Setelah ruam muncul, infeksi dimulai, dan keropeng membutuhkan waktu 2 hari lagi. Ketika lesi kulit terjadi, pasien tetap menular setidaknya sampai keropeng jatuh.

Pada cacar monyet, yang lebih menonjol adalah munculnya lesi yang biasanya dimulai pada wajah. Pasien mungkin mengalami demam dengan menggigil, berkeringat banyak, nyeri otot, sakit tenggorokan, batuk ringan, dan dalam 2 hingga 3 hari setelah demam, lesi kulit atau ruam dimulai. Ini lebih menyakitkan dan mungkin juga mulai gatal.

Lesi pertama mungkin muncul di lidah atau mulut dan perlahan-lahan menyebar. Dalam hampir 98% kasus, wajah terlibat, dan kemudian ruam menyebar ke telapak tangan, telapak kaki, rongga mulut, mukosa, dan alat kelamin. Terkadang konjungtiva atau mata juga menyebar dari cacar monyet.

Selanjutnya, ruam berkembang dari tahap eritematosa (kemerahan) ke makula yang terangkat, kemudian papula, dan akhirnya vesikel berisi cairan. Setelah itu, pustula (lesi berisi nanah) terbentuk. Seluruh proses dapat memakan waktu hingga satu minggu.

Hal yang perlu diperhatikan pada gejala cacar monyet adalah anak-anak lebih rentan terhadap infeksi ini, serta individu yang mengalami gangguan kekebalan tubuh, termasuk mereka yang menjalani kemoterapi untuk pengobatan kanker.

Kemudian, imunoterapi untuk penyakit tertentu, atau mereka yang memiliki kekebalan yang terganggu karena kekurangan gizi atau infeksi lainnya. “Kelompok-kelompok ini berada pada risiko yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Sementara itu, vaksin MVA-BN yang diproduksi oleh Bavarian Nordic A/S, telah ditambahkan ke daftar vaksin prakualifikasi terhadap cacar monyet

Dalam pernyataan resmi WHO, persetujuan prakualifikasi vaksin ini diharapkan dapat memfasilitasi akses tepat waktu dan meningkatkan akses ke produk di komunitas dengan kebutuhan mendesak untuk mengurangi penularan dan membantu menahan wabah.

Vaksin ini dapat diberikan pada orang yang berusia di atas 18 tahun. Ini adalah infeksi 2 dosis yang diberikan dengan jarak 4 minggu. Vaksin dapat disimpan hingga 8 minggu pada suhu 2–8 derajat Celcius.

Dosis tunggal vaksin memiliki efektivitas 76% dalam melindungi orang dari cacar monyet, sedangkan jadwal 2 dosis memiliki efektivitas lebih dari 80%.

Awalnya, vaksin ini dikembangkan sebagai vaksin cacar bekerja sama dengan pemerintah AS untuk memastikan pasokan vaksin cacar untuk seluruh populasi, termasuk individu yang mengalami gangguan kekebalan tubuh yang tidak direkomendasikan vaksinasi dengan vaksin cacar replikasi tradisional.

Namun, MVA-BN telah diindikasikan untuk digunakan pada populasi dewasa pada umumnya pada individu yang dianggap berisiko terkena infeksi cacar atau mpox.

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro