Christine Hakim/imdb.com
Fashion

Rahasia Cantik Christine Hakim, Yenny Wahid & Amy Atmanto

Newswire
Selasa, 24 Februari 2015 - 15:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Perlu upaya untuk tampil menarik di depan publik. Upaya itu bisa jadi resep atau rahasia kecantikan yang berbeda-beda untuk setiap orang.

Yenny Wahid, 40, misalnya memiliki ritual baru saban akhir pekan. Dia menyiapkan sesendok teh soda kue dicampur dengan satu sendok makan minyak kelapa.

SIMAK: Ini Makanan Pemicu Depresi

Setelah tercampur rata, ramuan ini dioleskan putri kedua Presiden Abdurrahman Wahid itu ke wajahnya dan dibiarkan hingga 20 menit sebelum dibasuh dengan air hangat.

"Bermanfaat membuang sel-sel kulit mati," ujarnya pada pertengahan Februari lalu.

Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid--nama lengkapnya--mendapat resep tersebut dari ibundanya, Sinta Nuriyah. Empat bulan yang lalu, ibu negara periode 1999-2001 itu menegur Yenny karena kusam.

Resep soda kue plus minyak kelapa pun dia teruskan ke anak. Sederhana, tapi manjur. Yenny merasa wajahnya lebih cerah.

"Kata orang-orang, kulit wajah saya sekarang jadi lebih putih berseri," kata Direktur Wahid Institute itu tersenyum.

Mentimun

Ramuan tradisional yang murah meriah juga menembus gemerlapnya dunia mode. Di balik polesan make-up kelas satu, perancang busana kenamaan Amy Atmanto mengandalkan mentimun untuk membersihkan wajahnya.

Pembersih alami ala Amy berupa campuran sari mentimun dan jerus nipis. Caranya, mentimun diparut, lalu diperas. Airnya dicampur dengan perasan jeruk nipis dan diberi es batu.

Setiap kali menjelang tidur, Amy mencelupkan kain lap atau handuk kecil ke cairan tersebut, lalu membasuhkannya ke wajah. Diamkan 20 menit, lalu bilas.

"Selain menyegarkan, juga mencerahkan kulit," ujar pemilik butik Royal Sulam dan Royal Kaftan ini.

Amy, 41, mendapatkan resep tersebut dari ibunya, lima tahun silam. Dia mengatakan, ibunya tidak mengandalkan kosmetik untuk mempercantik diri. "Dia memakai perawatan seperti ini, dan terbukti hasilnya."

Madu

Christine Hakim pun mengandalkan ramuan alami untuk mempertahankan kecantikannya. Madu dan lidah buaya jadi gacoan aktris senior ini. Resepnya, sesendok makan madu dicampur sebatang lidah buaya yang digerus dan diambil daging buahnya, ditambah sedikit garam halus.

 "Kalau saya berasa lelah dan kulit wajah sudah enggak enak, saya menggunakan perawatan alami ini untuk me-refresh dan mengencangkan kulit," kata Christine, 58 tahun.

Dokter spesialis kulit Rika Zanudi mengatakan kecenderungan masyarakat untuk kembali ke bahan kecantikan alami meningkat. Biasanya, pemakaiannya sederhana, dengan bahan yang kebanyakan dari tumbuh-tumbuhan," ujarnya.

Misalnya, masker wajah dari lidah buaya, bengkoang, mentimun, tomat, jeruk nipis, dan pisang. Ada juga yang mengandalkan madu dan putih telur.

Menurut Rika, pengguna bahan alami ini dituntut melakukan perawatan secara lebih konsisten ketimbang pengguna pembersih pabrikan, seperti Amy Atmanto dan sari mentimunnya.

"Kalau memakainya setengah-setengah, tidak berhasil," kata Rika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro