Mencari pekerjaan/rifemagazone.co.uk
Relationship

Begini Cara Tetap Produktif Saat Menganggur

Yulianisa Sulistyoningrum
Sabtu, 19 September 2015 - 08:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Beberapa hari setelah Anda tidak memiliki pekerjaan pasti akan menjadi hari yang menyenangkan. Namun, setelahnya pikiran soal kebebasan dan kesempatan tak terbatas akan berganti dengan rasa bosan, tidak ada harapan, dan keraguan.

Ada cara agar semua hal negatif tersebut bisa hilang. Anda harus membuat jadwal terencana untuk mencari pekerjaan kembali, mengubah tujuan hidup, dan membuat waktu kosong Anda jadi produktif.

Jadwal berikut ini bisa membantu Anda untuk mencapai hal itu. Daripada tidak mengerjakan apa-apa, mungkin saatnya Anda mengikuti "jam kerja" ini, seperti ditulis Business Insider.

Pukul 07.30: Bangun tidur, pakai baju olah raga. Menurut penelitian di Belgia, berolah raga pagi sebelum sarapan tidak hanya menyehatkan, tapi juga memberi energi tambahan untuk menjalani hari.

Pukul 08.15: Mandi. Lakukan aktivitas ini sambil berpikir soal tujuan hidup dan bagaimana Anda ingin mencapainya.

Pukul 08.30: Sarapan makanan bergizi dan minum kopi di luar rumah. Penelitian menunjukkan, sarapan setelah satu jam bangun tidur bisa membangkitkanmooddan pikiran.

Keluarlah dari rumah supaya tubuh Anda mendapat sinar matahari dan berhenti memproduksi hormon melatonin. Hormon ini yang membuat Anda mengantuk. Cahaya matahari juga sumber antidepresi yang alami.

Pukul 09.00 - 12.00 Cari dan daftar untuk pekerjaan jangka panjang. Sebelum memulai hal ini, pastikanresumeAnda telah berisi riwayat pekerjaan terkini. Tuliscover letteratau surat pengantar untuk setiap pekerjaan. Pastikan Anda menuliskan detail pekerjaan, pengalaman kerja, dan sedikit soal kepribadian Anda dalam resume dan surat itu.

Pukul 12.00 - 13.00: Makan siang. Anda berhak beristirahat selam sejam. Kalau ingin menonton televisi sambil makan, lakukanlah. Anda juga bisa memilih berjalan-jalan sejenak untuk mengusir penat. Sebaiknya, makan tidak terlalu banyak supaya energi Anda tidak terkuras untuk menyerap sari-sari makanan itu.

Pukul 13.00 - 14.00: Cari pekerjaan untuk jangka pendek. Kalau Anda tidak punya dana darurat, saatnya mencari pekerjaan paruh waktu atau lepas. Luangkan waktu sejam setiap hari untuk mencari pekerjaan ini supaya Anda punya pemasukan untuk keperluan sehari-hari.

Pukul 14.00 - 15.00 Belajar keahlian baru. Banyak pelatihanonlineyang dapat meningkatkan keahlian Anda. Situs seperi Coursera banyak memberikan pelatihan gratis. Luangkan waktu sejam setiap hari untuk mempelajari hal-hal baru.

Pukul 15.00 - 16.00: Networking.Hal ini penting untuk mendapatkan pekerjaan baru. Anda bisa melakukannya dengan menghubungi orang yang Anda kenal di industri tertentu melalui surat elektronik. Ajak untuk bertemu makan siang atau minum kopi.

Pukul 16.00 - 18.00 Kerja sukarela. Pekerjaan seperti ini bisa meningkatkan semangat Anda. Selain itu juga menambah jaringan, pengalaman, dan baik untuk ditampilkan pada resume Anda.

Pukul 18.00: Bersosialisasi. Setelah sepanjang hari bekerja berat, ini saatnya Anda berhubungan dengan keluarga dan teman. Hal tersebut penting untuk mempertahankan pikiran agar tetap positif.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro