Ilustrasi/Thegloss
Health

Hindari Konsumsi Makanan Berikut Pasca Berolahraga

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 13 Oktober 2016 - 10:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Olahraga memang penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Olah raga juga merupakan salah satu cara untuk membentuk tubuh manusia agar lebih langsing, dan sehat.

Berolahraga secara teratur dapat mengurangi risiko sejumlah penyakit, terutama gangguan gaya hidup seperti diabetes, obesitas. Diet sehat ditambah dengan rutinitas olahraga teratur, adalah hal yang bisa dilakukan orang untuk tetap sehat. Olahraga juga dapat membantu mengobati sejumlah gangguan dan gejala penyakit, termasuk juga bisa dijadikan sebuah pengobatan

Namun banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara berolahraga yang benar, atau bagaimana rambu berolahraga yang benar.

Bagi Anda yang ingin mulai berolahraga, maka sebaiknya memerhatikan rambu-rambu tersebut. Termasuk juga soal makanan yang bisa Anda konsumsi menjelang dan setelah berolahraga.

Menurut ahli, ada makanan tertentu yang Anda tidak harus makan setelah berolahraga. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari setelah berolahraga seperti dilansir Boldsky.com

1. Sayuran mentah
Meskipun sayuran mentah sehat, namun sebaiknya Anda hindari mengonsumsinya setelah berolahraga. Alasannya, pasca olahraga, tubuh Anda akan kehilangan banyak nutrisi Dan  sayuran mentah tidak akan dapat mengembalikan nutrisi Anda dengan maksimal.

2. Permen
Permen, kue-kue, dan makanan dengan kandungan gula yang tinggi di dalamnya dapat menghentikan proses pembakaran lemak dari tubuh Anda. Hal ini tentu bertentangan dengan tujuan dari berolahraga yang bertujuan untuk membakar lemak dalam tubuh.

3. Makanan pedas
Makan makanan pedas atau sejenisnya, setelah berolahraga dapat berdampak buruk bagi kesehatan, karena tubuh Anda masih dalam proses pemulihan setelah berolahraga, dan makanan pedas dapat memperlambat proses pemulihan tersebut.

4. Steak dan daging-dagingan
Daging tanpa lemak sebenarnya baik untuk dikonsumsi pasca berolahraga, namun hidangan daging seperti steak atau daging dengan terlalu banyak saus, rempah-rempah dan minyak harus dihindari setelah berolahraga, karena dapat memperlambat metabolisme.

5. Makanan berlemak
Makanan kaya lemak seperti kentang goreng, keripik, samosa, mesti dihindari karena dapat mengurangi efek positif dari latihan.

6. Makanan berenergi
Kebanyakan makanan berenergi seperti energy bar mengandung banyak gula dan lemak, sehingga meskipun mereka dapat membuat Anda merasa berenergi setelah latihan, mereka dapat menciptakan ketidakseimbangan kadar gula darah Anda.

7. Kacang
Kacang-kacangan, dapat menyebabkan gastritis dan gangguan pencernaan, bila dikonsumsi setelah latihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro