Batik Betawi/Istimewa
Fashion

HARI BATIK NASIONAL : Veronica dan Happy Kembangkan Batik Motif Khas Betawi

JIBI
Senin, 2 Oktober 2017 - 11:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Istri Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Happy Farida mengembangkanmotif batik yang menjadi ciri khas Batik Betawi, yakni motif daun semanggi.

Motif tersebut, menurut Happy, terinspirasi dari simpang susun semanggi dan kondisi lalu lintas di sana. Dalam peluncuran buku Lenggang Batik Jakarta, Happy Djarot menguraikan apa saja yang telah dilakukannya sebagai ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah DKI Jakarta, dan saat dewan kerajinan dipimpin oleh istri Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Veronica Tan.

“Ketika Ibu Veronica menjabat, dia mengembangkan ikon Flora dan Fauna untuk Batik Jakarta. Dan pada masa jabatan saya, ikon yang saya ambil adalah Semanggi dan itu menjadi ciri khas saya,” kata Happy di Taman Air Mancur Monas, Kamis (28/9/2017).

Beberapa flora yang dikembangkan Veronica Tan menjadi motif batik Betawi antara lain salak condet, melati gambir, bungur. Sedangkan fauna khas Jakarta adalah burung elang bondol, kupu-kupu, dan bulus.

HARI BATIK NASIONAL : Veronica dan Happy Kembangkan Batik Motif Khas Betawi

Adapun motif batik semanggi dibuat dengan corak yang sederhana namun masih mengikuti ciri khas Batik Betawi, dengan menggunakan warna cerah, seperti oranye, merah, kuning, dan biru.

 “Saya ingin motif batik semanggi ini simpel agar lebih banyak yang bisa membuatnya," ucap Happy Djarot.

Ada empat motif batik Semanggi, yakni Simpang Semanggi, Lalu Lintas Semanggi, Jalan Semanggi, dan Taman Semanggi. Selain bisa dijadikan sebagai pakaian, Happy Djarot melanjutkan, kain motif batik Semanggi juga akan dikembangkan untuk hiasan rumah dan aksesoris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro