Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution/Instagram
Entertainment

KAHIYANG JOKOWI MENIKAH : Iriana Pilih Tata Rias Solo Klasik

Irawan Sapto Adhi
Rabu, 1 November 2017 - 11:58
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk perias senior Endang Soendari Soemaryono yang akrab disapa Ny. HS Soemaryono untuk mendandani Kahiyang Ayu saat menikah dengan Bobby Nasution pada 8 November.

Soemaryono menuturkan gaya rias Solo Putri akan dipilih sebagai gaya rias untuk Kahiyang Ayu. Gaya rias tersebut dipilih menyesuaikan dengan konsep acara pernikahan yang mengusung adat Jawa.

Selain itu, gaya rias Solo Putri dipilih juga karena menyesuaikan permintaan Ibu Negara Iriana Jokowi. Soemaryono menyebut Iriana meminta agar putrinya tersebut dirias dengan gaya Solo klasik.

“Paesnya Solo Putri seperti pengantin Jawa biasa, tapi tentu saja yang lebih klasik. Ibu Iriana ngersaake [menghendaki] Mbak Kahiyang dirias Solo klasik dengan tata cara yang klasik, tidak mencolok. Pokoknya sesuai pakem. Pada resepsi malamnya juga Mbak Kahiyang dirias dengan gaya pakem Keraton Solo,” ujar Soemaryono, Senin (30/10/2017).

Soemaryono menerangkan riasan gaya Solo Putri memiliki ciri khas menggunakan riasan hitam pekat di bagian dahi pengantin perempuan. Sedangkan, gaya rambut pengantin perempuan dalam riasan gaya Solo Putri biasanya dibuat gaya ukel besar dengan tambahan aksesori bunga melati dan cunduk sisir, serta cunduk pentul di bagian atas kepala.

Tata rias wajah dan rambut bagi pengantin laki-laki terinspirasi raja Keraton Solo, antara lain di atas kepala akan dikenakan Kuluk Kanigoro.

“Siapa pun yang akan kami rias, kami laku prihatin untuk memohon kepada Allah. Saya akan juga puasa Senin dan Kamis sebelum merias Mbak Kahiyang. Ya, saya sudah bertahun-tahun melakukan ibadah itu. Mudah-mudahan amanah ini bisa saya laksanakan dengan sebaik-baiknya, dan semoga dapat berjalan lancar, tidak ada halangan suatu apa,” terang perempuan yang sudah menggeluti bidang tata rias dan busana pengantin sejak 1982.

Ada empat perias lain yang dipilih keluarga Presiden dalam acara pernikahan Kahiyang antara lain Sawaliyah Waloeyo, Conny Wulandari, Topobroto, dan Santi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : Solopos
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro