Hidung/Istimewa
Health

Ditandai Hidung Tersumbat, Inilah Salah Satu Kanker Paling Sulit Dideteksi

Yoseph Pencawan
Senin, 12 Maret 2018 - 21:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kalangan medis menyebutkan Karsinoma Nasofaring merupakan satu dari enam jenis kanker yang paling sering menyerang anak-anak yang cukup sulit dideteksi.

Direktur Utama Rumah Sakit Dharmais dr. Abdul Kadir mengatakan, Karsinoma Nasofaring adalah kanker yang menyerang daerah antara hidung dan tenggorokan.

"Mengapa mendiagnosis kanker ini cukup sulit? Karena secara anatomis, lokasi nasofaring tersembunyi di belakang tabir langit-langit yang terletak di bawah dasar tengkorak," paparnya, belum lama ini.

Selain itu, nasofaring juga berhubungan dengan banyak daerah penting di dalam tengkorak dan ke pinggir maupun belakang leher. Seringkali tumor ditemukan terlambat karena tidak mudah diperiksa oleh mereka yang bukan ahlinya.

Karena itu, lanjutnya, penemuan gejala dini akan sangat berarti karena apabila ditemukan pada stadium dini, maka angka kesembuhan dapat mencapai 100%.

Namun, pengobatan akan semakin sulit jika ditemukan sudah pada stadium lanjut, yang mana angka kesembuhan stadium IV hanya sekitar 10%.

Adapun gejala-gejala dini yang perlu diwaspadai pada penyakit ini adalah adanya ingus bercampur darah, pilek dan air ludah yang kental, hidug tersumbat serta mimisan.

Kemudian penderita juga mengalami gejala tuli sebelah, telinga berdengung, nyeri telinga dan rasa penuh di telinga.

"Radioterapi masin menjadi pengobatan utamanya, karena tumor jenis ini bersifat radiosensitif. Tetapi pengobatan tambahan dengan kemoterapi juga dapat memberikan hasil yang lebih baik."

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro