Kopi/Istimewa
Health

Mengapa Masih Mengantuk meski Sudah Minum Kopi?

Newswire
Sabtu, 7 Juli 2018 - 09:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Minum kopi sudah menjadi kebiasaan banyak orang ketika butuh asupan energi. Buat beberapa orang, kopi dinilai ampuh mengusir kantuk dan meningkatkan energi supaya lebih fokus saat beraktivitas.

Namun, tahukah Anda ternyata minum kopi juga dapat membuat makin lemas dan mengantuk?

Kopi yang kita minum pada pagi hari dapat memberikan energi berupa rangsangan terhadap kortisol dan adrenalin. Hal itulah yang kemudian membuat kita lebih bertenaga dalam menjalani aktivitas.

Jika mengonsumsi kopi secara terus-menerus sepanjang hari, kita justru akan merasa makin lemas dan tidak focus, sehingga rasa kantuk pun tak dapat dihindari. Minum kopi terus-menerus akan meningkatkan kerja hormon. Saat hormon terkuras sepanjang hari, ketika itulah tubuh akan merasa lelah.

Selain itu, gen menjadi salah satu alasan beberapa orang tetap mengantuk meski telah meminum kopi. Hal itu diungkapkan di sebuah penelitian dari Universitas Edinburgh di Skotlandia.

Menurut peneliti, berapa banyak kopi yang diminum seseorang ternyata dipengaruhi variasi gen masing-masing.

Ada orang-orang yang bisa terjaga lebih lama meskipun tidak banyak minum kopi. Begitu pula sebaliknya, ada juga orang yang tetap tidak bisa mengusir kantuk walaupun sudah minum cukup banyak kopi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro