Relationship

METODE HYPNOSIS bisa optimalkan penyembuhan pasien

Djony Edward
Jumat, 17 Februari 2012 - 12:15
Bagikan

JAKARTA: Industri kesehatan di Indonesia belum sepenuhnya menerapkan model pengobatan yang menggabungkan ilmu kedokteran dengan metode hypnosis, meski tak sedikit tenaga dokter yang mulai membuktikan cara tersebut ampuh menekan rasa sakit.

 
Chief Executive Officer PT Sinergy Lintas Batas Ronny F. Ronodirdjo mengatakan metode hypnosis dapat digunakan untuk menunjang praktik kedokteran, terutama dalam membantu proses persalinan, perawatan gigi, operasi kecil, dan beberapa metode pengobatan medis lain.
 
Sinergy Lintas Batas merupakan konsultan training di bidang Neuro Linguistic Programming (NPL) yang mengajarkan metode hypnosis untuk berbagai keperluan.
 
“Penggabungan ilmu kedokteran dan hypnosis ini belum banyak diakui di Indonesia. Mungkin karena pandangan masyarakat yang masih menilai hypnosis bagian dari mistis,” ujarnya kepada Bisnis.com pekan ini.
 
Pandangan ini cukup wajar, mengingat sejumlah kasus kejahatan yang pernah ditemukan oleh kepolisian menggunakan cara hipnotis. 
 
Selain itu, tayangan hiburan di televisi menggunakan metode sejenis untuk menguak permasalahan pribadi seseorang.
 
Menurutnya, para ahli hypnosis kerap melakukan pertemuan dan diskusi membahas kegunaan hypnoterapi bagi dunia kesahatan. Sayangnya, upaya memperkenalkan metode hypnosis kepada Kementerian Kesehatan belum memperoleh titik temu.
 
Adapun, metode hypnosis untuk keperluan dunia kedokteran telah diakui oleh American Medical Association sejak 1958.
 
“Kita sudah ketinggalan sangat jauh. Kalau secara pribadi, sudah banyak dokter yang belajar dan ikut pelatihan hypnosis untuk menunjang kegiatan kedokteran, tetapi tak banyak yang mau mengakui,” ungkapnya. (spr)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Djony Edward
Editor : Kahfi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro