Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DUNIA KESEHATAN: Buah kiwi bantu pencernaan

 
Adhitya Noviardi
Adhitya Noviardi - Bisnis.com 10 Mei 2012  |  21:29 WIB

 

 

JAKARTA: Buah kiwi yang rasanya asam manis segar, ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Selain mengandung vitamin C, juga dapat membantu pencernaan di lambung.
Selain kandungan serat yang tinggi, daging buah kiwi berwarna hijau juga menyimpan enzim unik yang disebut actinidin. Enzim ini berfungsi mencerna protein sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.
 
 
Fiastuti Witjaksono, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menuturkan dalam proses pencernaan yang terjadi mulai dari mulut hingga usus halus, tubuh membutuhkan berbagai enzim pencernaan. Yaitu protease (untuk mencerna protein), lipase (mencerna lemak), dan amilase (mencerna karbohidrat). 
 
 
Saluran cerna yang sehat, ujarnya, akan membantu mencegah masuknya bakteri dan racun, serta menjaga daya tahan tubuh. Untuk menjaga saluran cerna tetap sehat, tubuh membutuhkan makanan bergizi seperti buah.
 
 
Buah mengandung serat, probiotik, dan enzim pencernaan yang berperan membantu pencernaan dan penyerapan. “Salah satu buah, yaitu kiwi hijau, mengandung vitamin dan mineral, antioksidan, serat prebiotik serta enzim actinidin,” ungkap Fiastuti dalam sebuah diskusi di Jakarta.
 
 
Menurut dia, protein yang diserap dengan baik akan memberikan manfaat gizi sebagai zat pembangun, mengganti sel-sel yang rusak, dan menjaga agar metabolism tubuh bekerja dengan baik. 
 
 
Vitamin C yang dikandung oleh kiwi, tambahnya, dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk dengan perbandingan berat (gram) yang sama. Dan terbukti lima kali lebih efektif diserap oleh tubuh.
 
 
 
“Buah kiwi juga kaya akan asam folat yang bermanfaat bagi ibu yang ingin hamil, juga memiliki glycaemic indeks yang rendah, sehingga aman bagi penderita diabetes,” ungkapnya. (msb)
 

BACA JUGA:

>>Jangan Wait & See, Kejarlah Dolar & Obligasi

>>Sampoerna serious on bank business

>>BI Tak Bisa Mediasi Bos Femina vs Citibank Gara-Gara Potensi Keuntungan

>> SUKHOI CRASH: Police to identify victim's family to match with bodies

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Rahmayulis Saleh

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top