Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PAMERAN TUNGGAL Srihadi Soedarsono unjuk 'gigi'

 
Inria Zulfikar
Inria Zulfikar - Bisnis.com 25 Mei 2012  |  20:10 WIB

 

 

JAKARTA: Seniman senior Indonesia Srihadi Soedarsono menyelenggarakan pameran tunggal sekaligus meluncurkan buku dengan tema Srihadi dan Seni Rupa Indonesia di Art: 1 Museum pada 30 Mei 2012.

 

“Pameran ini merupakan  bentuk nyata dari kepedulian Art:1 terhadap terselenggaranya program pameran yang berkualitas serta signifikan dalam perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia di masa depan. Selain itu, pameran ini juga memiliki tujuan untuk mengedepankan edukasi seni, terutama mengenai perkembangan seni rupa Indonesia – baik tokoh, sejarah, maupun karya seni rupanya, ke masyarakat yang lebih luas,” kata pemilik Art:1 Martha Gunawan hari ini, Jumat, 25 Mei 2012.

 

Program ini dinilai sangat penting karena Srihadi Soedarsono adalah salah satu perupa senior Indonesia yang perkembangan karya-karyanya memiliki sejarah serta rekam jejak yang sangat panjang, baik secara nasional maupun internasional. Pameran ini akan menampilkan sedikitnya 130 karya yang terdiri dari karya-karya yang belum pernah dipamerkan sebelumnya, dari sketsa, print, drawing dan lukisan.

 

Karya-karya penting tersebut diangkat dari koleksi pribadi Srihadi Sudarsono, yang disimpannya selama bertahun-tahun sejak awal karirnya. Selain itu pameran ini menyajikan pula karya-karya terbarunya yang masih memperlihatkan perkembangan. Pameran ini yang menampilkan pencapaian artistik Srihadi dari masa ke masa.

 

Pameran tunggal ini akan disertai dengan  peluncuran buku “Srihadi dan Seni Rupa Indonesia” yang ditulis oleh Jim Supangkat yang juga sekaligus berperan sebagai kurator pameran. Buku ini akan membahas secara detail mengenai sejarah, posisi, serta peranan seorang Srihadi Soedarsono dalam sejarah perkembangan seni rupa modern dan kontemporer di Indonesia.

 

Tidak diragukan lagi, buku ini akan menjadi sebuah sumber pengetahuan yang sangat berharga untuk menjelaskan mengenai sosok Srihadi Soedarsono dan sekaligus sejarah seni rupa Indonesia. Selain itu, buku ini juga mengetengahkan pula benang merah sejarah seni rupa Indonesia.

 

Program yang dikelola oleh Art:1 New Museum ini bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Seni Rupa Institut Teknologi Bandung, yang diketuai oleh Rikrik Kusmara, untuk memberikan akurasi data dan memberikan program pameran berbasis penelitian.(msb)

 

BACA JUGA:

FORMULA 1—Latihan 1 & 2 Belum Kuak Kekuatan Pebalap

Terkoreksi Lagi, IHSG Turun Di Bawah 3.900

Buyback Antam Turun Rp500/Gram, Harga Jual Stagnan Rp491.300—Rp530.500

Iran Mbulet Soal Nuklir, Minyak Kembali Ke Atas US$90

Kinerja Emiten Membaik, Stoxx Europe 600 Rebound

 

READ ALSO:

 Indonesia Stocks Slump 92.23 Points In Midday Break Session

PERTAMINA EP’s Output Reaches 130,000 Barrel

MARKET MOVING: Indonesian Export Continues To Weaken


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Herry Suhendra

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top