Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

KOREA-INDONESIA: Perayaan Hubungan 40 Tahun digelar besar-besaran

JAKARTA—Pecinta demam Korea di Indonesia bakal riang gembira dengan diramaikannya berbagai acara oleh Pemerintah Korea-Indonesia sepanjang tahun, mulai Maret hingga awal November 2013.
Winda Rahmawati
Winda Rahmawati - Bisnis.com 05 Maret 2013  |  15:08 WIB
KOREA-INDONESIA: Perayaan Hubungan 40 Tahun digelar besar-besaran

JAKARTA—Pecinta demam Korea di Indonesia bakal riang gembira dengan diramaikannya berbagai acara oleh Pemerintah Korea-Indonesia sepanjang tahun, mulai Maret hingga awal November 2013.

Penyelenggaran acara tersebut dilaksanakan di berbagai bidang, mulai dari politik, ekonomi, perdagangan, kebudayaan, hingga dalam bidang pertahanan.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Young-Sun mengatakan pemerintah Korea dan Indonesia berencana menyelenggarakan berbagai acara dalam peringatan ‘2013 Korea-Indonesia Friendship year’, menyusul terjalinnya hubungan diplomatik antara Korea dan Indonesia yang ke-40 pada tahun ini.

“Hubungan yang lebih berlangsung selama 40 tahun ini terus meningkat, tentu dari usianya hubungan kedua negara ini telah mengalami banyak peningkatan di berbagai sektor, terutama di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata,” ujarnya di sela-sela konferensi pers ‘40thAnniversary Diplomatic relation between Korea – Indonesia, Selasa (5/3/2013).

Dia berharap kegiatan acara 40 tahun menitikberattan pada seni budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga mampu menciptakan produk-produk pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah bersepakat dengan Presiden Lee Myung-Bak ketika melakukan kunjungan kenegaraan ke Korea pada Maret tahun lalu dan menyatakan bahwa tahun 2013 adalah tahun ke-40 atas terjalinnya hubungan diplomatik ‘Korea-Indonesia Friendship Year’.

Acara pembukaan, pada 8-10 Maret akan menampilkan Pertunjukan Kebudayaan Tradisional Korea-Indonesia dan Music Bank oleh K-pop dan pop star Indonesia.

Setelah pembukaan, Kedutaan Korea akan mengadakan acara-acara dari bidang politik hingga kerjasama industri pertahanan.

Dalam bidang Politik, akan diselenggarakan Pertukaran ucapan selamat antara kedua Presiden (18 Sepetember), Korea-Indonesia Forum (22 Mei), Pembuatan Prangko untuk Edisi Peringatan (17 September).

Dalam bidang Kebudayaan, antara lain K-Pop Festival (April), ASEAN-Korea Festival (Mei), Korean Film Festival (Akhir Mei), Quiz on Korea (Juni), Demonstrasi Taekwondo (Juni dan Oktober), Lomba Pidato Korea (Juni), dan Korean Food Festival (Awal November).

Dalam bidang Ekonomi dan Perdagangan, antara lain Korea—Indonesia Bisnis Forum (28 Maret), CSR Forum (Juni), Pameran produk Korea (Juni), dan Pembuatan taman persahabatan (awal Desember).

Dalam bidang pertahanan, antara lain Seminar Kerjasama Pertahanan (2 Mei), Upacara Penyambutan atas kedatangan kapal Sunyang Akademi Angkatan Laut di pelabuhan (Agustus), pertunjukan selebriti/ artis wajib militer dan Symphony Orchestra oleh Militer.

Dan terakhir, penutup, dari semua acara multi kultural yang terdiri dari berbagai genre yaitu Hanbok/Batik Fashion Show, pertunjukan tarian kontemporer, demonstrasi Taekwondo, pameran lukisan, hingga Resepsi Penutupan dan pertunjukan dari Korean National Ballet.(msb)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indonesia korea seni budaya

Sumber : Winda Rahmawati

Editor : Others

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top