Fashion

Penelitian Doktor UI: Enzim Nanas Bantu Penyembuhan Luka Diabetes

Yusran Yunus
Selasa, 23 Juli 2013 - 09:10
Bagikan

Bisnis.com, DEPOK - Doktor Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Debie Dahlia menyatakan pemberian bromelain topikal dari buah nanas, memiliki efek penyembuhan pada tikus dengan perlukaan Diabetes Mellitus (DM).

Demikian hasil penelitian Debie Dahlia, merupakan penelitian pertama di Indonesia - bahkan di dunia - berhasil mengantarkan dirinya menjadi Doktor ke-10 yang lulus dari program Doktoral FIK UI dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,71.

"Bromelain adalah enzyme protease dari tanaman nanas yang telah dibuktikan baik in vitro dan in vivo efektif sebagai anti inflamasi dan imunomodulator," katanya, Selasa (23/7/2013).

Debie berhasil mempertahankan disertasinya berjudul "Efektivitas Bromelain Topikal Pada Penyembuhan Luka Tikus Diabetikum Tinjauan Khusus Terhadap Ekspresi MMP-9, TIMP-1, TGF- Pada Fase Inflamasi, Proliferasi dan Maturasi" dengan judul untuk mengetahui efektifitas bromelain topikal pada luka tikus diabetes dan pengaruhnya terhadap ekspresi MMP-9, TIMP-1 dan TGF- selama fase peradangan, proliferasi dan maturasi.

"Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian randomized post test control design dengan menggunakan hewan coba tikus Sprague Dawley," katanya.

Berdasarkan hasil penelitian itu diketahui bahwa terjadi perbedaan bermakna rate penyembuhan luka antara kelompok kontrol DM dengan kelompok perlakuan bromelain topikal dan bromelain standar. Dengan kata lain, pemberian bromelain topikal memiliki efek penyembuhan pada tikus dengan perlukaan DM.

Kepala Kantor Komunikasi Uiniversitas Indonesia (UI) Farida Haryoko mengatakan selain menjadi staf pengajar di Kelompok Keilmuan Medikal Bedah, Debie juga menjabat sebagai Manajer Ventura FIK UI serta aktif melakukan kegiatan penelitian khususnya bidang ilmu Keperawatan.

"Debie merupakan salah satu dari banyak kandidat Doktor UI yang berkomitmen untuk menghasilkan penelitian yang dapat menjawab permasalahan di sekeliling masyarakat maupun menciptakan temuan inovatif yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia maupun dunia". (feru lantara/antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro