Travel

Banyuwangi Kembangkan Wisata Olah Raga Pantai Pulau Merah

Adam A. Chevny
Kamis, 7 November 2013 - 09:59
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA– Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengembangkan Pantai Pulau Merah di kabupaten tersebut sebagai kawasan wisata olah raga (sport tourism), melalui penyelenggaraan kompetisi selancar dan balap sepeda berskala internasional.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menilai Pantai Pulau Merah yang memiliki ombak bagus dan bisa digunakan melihat matahari tenggelam (sunset) merupakan salah satu obyek wisata potensial yang layak dikembangkan.

Tahun ini, lanjutnya, mulai ditingkatkan intensitas promosi Pantai Pulau Merah, diantaranya dengan konsep sport tourism.

“Setelah pada Mei lalu kami selenggarakan Kompetisi Selancar Internasional 2013 yang diikuti peselancar dari sejumlah negara, awal bulan ini (2 – 5 November) Pantai Pulau Merah dijadikan finish etape kedua International Banyuwangi Tour de Ijen 2013 yang melibatkan 14 tim mancanegara dan enam tim dalam negeri,” tuturnya melalui siaran pers yang diterima pada Kamis (7/11 2013).

Azwar Anas menambahkan pengembangan Pantai Pulau Merah sebagai obyek wisata olah raga akan dilengkapi dengan penginapan berkonsep dormitory yang cocok bagi para petualang.

Di pantai tersebut saat sekarang sudah banyak berdiri homestay yang dikelola warga setempat.

Pulau Merah merupakan pulau berbentuk seperti bukit kecil dengan pantai berpasir putih. Panjang garis pantainya sekitar tiga kilometer.

Bagi penggemar bersepeda atau ‘gowes’, obyek tersebut bisa ditempuh dalam jangka sekitar 150 menit dari pusat Kota Banyuwangi. Namun, bisa pula menggunakan kendaraan bermotor terlebih dulu, kemudian baru menaiki sepeda di jalan tanjakan dan berkelok pada jarak 10 kilometer menjelang garis pantai.

Pada April – September, Pantai Pulau Merah diketahui memiliki ombak bagus yang cocok digunakan berselancar. Para pengunjung lokasi tersebut juga bisa melihat detik-detik mata hari tenggelam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro