Fashion

1.400 Dokter Ikuti Kongres AFES 2013 di Jakarta

Miftahul Khoer
Kamis, 14 November 2013 - 19:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Sedikitnya 1.400 praktisi kesehatan bidang endokrinologi mengikuti kongres Asean Federation of Endocrine Societies (AFES) 2013 di Jakarta pada 14-16 November 2013.

Ketua Panitia Kongres AFES 2013 Imam Subekti mengatakan kasus diabetes khususnya di Indonesia sudah sangat menghawatirkan. Untuk itu, dibutuhkan banyak ahli endokrinologi guna membantu mengobatai penyakit tersebut.

"Riset Kementerian Kesehatan pada 2007 menyebtukan diabetes mencapai 5,7% dari total penduduk Indonesia," katanya dalam konferensi pers hari ini, Kamis (14/11/2013).

Sementara, menurut data Diabetes Atlas 2009, Indonesia menempati rangking 9 terbanyak dunia dengan urutan ke-7. Empat dari lima penyandang diabetes berasal dari negara-negara yang berpenghasilan rendah.

Data lain menyebutkan bahwa di tingkat Asean saja, prevalensi penyandang diabetes sebanyak 8,7% dan 51,1% tidak terdiagnosa. "Masalah besar yang terjadi di seputar diabetes adlaha terkait penyandang, risiko komplikasi kronis dan kebijakan screening," paparnya.

Dia menambahkan, upaya para praktisi endokrinolog di Indonesia sudah dimulai sejak 10 tahun ke belakang bekerjasama dengan beberapa pihak yang terlibat.

"Perkumpulan Endokrinologi Indonesia sudah membuat konsensus penanganan diabetes dan didistribusikan secara cuma-cuma terhadap para stake holders," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro