Petualangan Agen Penny telah dipentaskan sebanyak 390 kali dan disaksikan oleh lebih dari 39.000 murid dari 446 sekolah di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. /bisnis.com
Show

Begini Cara Citi Indonesia Didik Keuangan Anak Lewat Teater

Miftahul Khoer
Kamis, 16 Januari 2014 - 01:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Citi Indonesia melalui Citi Peka kembali menggulirkan program pendidikan keuangan dini untuk pelajar sekolah dasar (SD) sebagai bentuk dukungan terhadap program peningkatan literasi keuangan nasional milik Pemerintah.

Citi Peka merupakan perwakilan Citi Indonesia untuk seluruh kegiatan kemasyarakatan Citi Indonesia yang didanai oleh Citi Foundation.

Berbeda dengan kemasan pendidikan keuangan lainnya, Citi Indonesia, melalui Citi Peka (PEduli dan berKArya), bekerjasama dengan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI) dan Teater Koma untuk memberikan pendidikan keuangan dalam bentuk pertunjukan teater yang bersifat menghibur, interaktif dan edukatif.

Bertajuk Petualangan Agen Penny, pertunjukan teater ini dirancang untuk memberikan pendidikan keuangan dasar, juga untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya hidup hemat kepada pelajar yang duduk di kelas V dan VI SD.

“Pembekalan pendidikan keuangan ke berbagai lapisan masyarakat merupakan salah satu komitmen dari Citi Indonesia,” ujar Agung Laksamana, Direktur, Head of Corporate Affair, Citi Indonesia, saat menghadiri pertunjukan teater Petualangan Agen Penny Rabu (15/1/2014) di Museum Nasional, Jakarta.

Program pendidikan keuangan dini tersebut, tambahnya, selaras dengan kampanye pendidikan keuangan Ayo ke Bank dan Tabunganku yang sedang digalakkan oleh Bank Indonesia.

Pendidikan keuangan dini sangat bermanfaat untuk melatih kepekaan dan kesadaran generasi muda terhadap nilai dan arti uang yang nantinya berpengaruh pada kemampuan dan kecermatan pengelolaan keuangan mereka di masa depan.

Menurut data tahun 2013 yang dihasilkan oleh gabungan survei dari berbagai lembaga seperti Bank Dunia, tingkat literasi keuangan di Indonesia masih sangat rendah, yakni sebesar 20%. Angka tersebut merupakan yang terendah di ASEAN.

Salah satu cara untuk memperbaiki kondisi tersebut adalah melalui pembekalan pendidikan keuangan sejak usia dini. Namun, pendidikan keuangan masih jarang ditemukan di dalam kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia saat ini.

Ratna Riantiarno, Pendiri Teater Koma mengatakan keuangan dan pengelolaannya merupakan konsep yang sulit dipahami bagi anak-anak yang masih duduk di kelas V dan VI SD.

Berangkat dari hal itu, Teater Koma berusaha menyederhanakan pengetahuan keuangan dan menerjemahkannya melalui pertunjukan teater yang interaktif dan menghibur agar lebih mudah dan cepat diserap oleh murid-murid SD.

Menurut Ratna, meskipun kegiatan ini sudah berjalan selama tujuh tahun, tetapi keinginan pihaknya untuk membantu membagikan pengetahuan keuangan kepada para pelajar sekolah dasar tidak surut.

"Karena kami percaya kedepannya program pendidikan keuangan ini akan membantu mengasah kemampuan dasar untuk mengelola keuangan pribadi anak-anak ini,” katanya.

Sejak 2007, Petualangan Agen Penny telah dipentaskan sebanyak 390 kali dan disaksikan oleh lebih dari 39.000 murid dari 446 sekolah di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Gino Latief Sn, Executive Director dari Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI) menuturkan pihaknya mendapatkan respon baik dari para siswa maupun guru dari sekolah. Hal tersebut, lanjutnya memacu untuk terus memperbaiki dan mengembangkan materi pendidikan keuangan yang kami sampaikan.

“Sebagai contoh, tahun ini merupakan tahun kedua dari kompetisi membuat celengan yang kami jadikan sebagai aktifitas tambahan dari pementasan untuk menanamkan kebiasaan menabung, sekaligus menggali dan mengembangkan kreatifitas anak.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro