Poster pementasan Calonarang Teater Driyarkara/Facebook
Showbiz

Teater Driyarkara Pentaskan Calonarang, Jumat (21/2)

Miftahul Khoer
Rabu, 19 Februari 2014 - 22:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teater Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara akan mementaskan lakon berjudul Calonarang pada Jumat (21/2/2014) 19.00 WIB.

Calonarang merupakan cerita rakyat serta diyakini berasal dari Kediri, Jawa Timur. Pada perkembangannya, kisah ini menjadi salah satu legenda yang disakralkan penganut agama dan tradisi Hindu di Bali.

"Calonarang adalah seorang perempuan tengah baya asal Desa Jirah yang memiliki kesaktian melebihi para kalangan Brahmana pada masanya. Kesaktiannya membuat sebagian orang, terutama para pandita dan petinggi istana, gentar dan khawatir," demikian keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (19/2/2014).

Ditambahkan bahwa pihak-pihak yang merasa dirugikan oleh keberadaan Calorarang berusaha mematikan pengaruh perempuan yang disegani ini dengan cara menyebarkan fitnah kepada masyarakat Jirah.

Bahkan, Raja Airlangga pun terhasut. Ia sampai-sampai membatalkan pernikahan dirinya dengan putri tunggal Calonarang.

Calonarang yang murka karena situasi ini seakan dituntut untuk memilih: apakah dirinya harus tetap mempertahankan kesaktiannya demi melindungi rakyat Jirah, ataukah memperjuangkan kebahagiaan putinya?

Calonarang adalah contoh perempuan yang tergulung oleh pusaran patriarki.

Drama Calonarang ini akan dipentaskan di Goethe Institute, Pusat Kebudayaan Jerman Jl. Sam Ratulangi 9-15 Menteng, Jakarta Pusat.

Teater Driyarkara adalah kelompok teater kampus STF Driyarkara, yang beranggotakan mahasiswa tingkat sarjana dan magister, dari jurusan Ilmu Filsafat dan Teologi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro