Gunung Padang di Sukabumi/Antara
Show

SBY: Situs Gunung Padang 'Terbesar' di Dunia, Lebih Tua dari Piramida Mesir

Ismail Fahmi
Senin, 3 Maret 2014 - 10:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui akun twitter pribadinya @SBYudhoyono, beberapa saat lalu, telah mengunggah pendapatnya mengenai situs Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang telah dikunjunginya Selasa (25/2/2014).

 

Menurut Presiden SBY, situs Gunun Padang ini diduga merupakan bangunan prasejarah "terbesar" di dunia. “Secara ilmiah, bukan klenik, didapat gambaran tentang misteri situs tersebut,” kata Presiden SBY melalui akun twitter pribadinya @SBYudhoyono seperti dikutip laman Setkab, Senin (3/2/2014).

 

Kepala Negara mengaku,  sejak 2011, ia telah mendapatkan laporan tentang penelitian situs Gunung Padang ini oleh para peneliti dan pakar unggulan Indonesia. Ia meminta agar penelitian ini perlu dituntaskan untuk menguak sejarah masa silam.

Menurutnya, hasil penelitian selama ini menggambarkan, diduga usia situs Gunung Padang ini amat tua, lebih tua dari piramida Mesir, dan besarnya 9 kali Candi Borobudur.

“Jika semua perkiraan ini benar, perlu dilakukan pemugaran situs tersebut, sebagaimana pemugaran Candi Borobudur dulu,” tutur SBY.

 

Pemerintah, lanjut Presiden, baik pusat maupun Jabar, perlu memberikan dukungan terhadap penelitian, dan insya Allah pemugaran situs budaya Gunung.Padang ini.

 

“Jika pemugaran telah dilakukan dan misteri "kebesaran" Indonesia masa silam dihadirkan, situs ini akan jadi obyek wisata dan penelitian dunia,” tulis Presiden SBY melalui akun twitter pribadinya @SBYudhoyono yang diunggahnya beberapa saat lalu.

 

Kepala Negara mengakui  selalu ada pro dan kontra terhadap penelitian situs Gunung Padang. Namun SBY mengajak semua pihak untuk memberikan ruang dan dukungan pada para peneiliti yang dengan gigih dan kerja keras ingin menyumbang sesuatu untuk negerinya.

 

 

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro