bayi tertidur/dailymail.co.uk
Fashion

Waktu Tidur Manusia Sekarang 2 Jam Lebih Cepat Daripada 60 Tahun Lalu

Destyananda Helen
Selasa, 13 Mei 2014 - 20:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Waktu tidur yang kurang menyebabkan manusia dapat terkena kanker, liver, diabetes tipe-2, infeksi dan obesitas. Penyebab kurangnya waktu tidur tersebut disebabkan terpaan cahaya yang berlebihan.

Russell Foster, Ilmuwan dari Universitas Oxford, mengatakan waktu tidur manusia pada masa sekarang di malam hari lebih cepat 1-2 jam dari pada manusia 60 tahun lalu.

Sementara itu, Charles Czeisler dari Universitas Harvard menjelaskan kurangnya waktu tidur tersebut disebabkan adanya terpaan cahaya lampu yang bisa mengubah jam alamiah tubuh.

“Terpaan cahaya yang bisa mempengaruhi jam alami tubuh salah satunya cahaya dari smartphones, tablet, dan komputer,” ujarnya seperti yang dilansir dari BBC, Selasa (13/5/2014).

Czeisler menuturkan gadget tersebut memancarkan cahaya biru dengan gelombang pendek yang dapat  menunda pelepasan hormon melatonin sehingga menyebabkan manusia sulit bangun di pagi hari. Sayangnya, kehidupan modern saat ini erat kaitannya dengan penggunaan smartphones, tablet, dan komputer. Padahal, Czeisler menambahkan, kurang tidur dan terlalu banyak terkena cahaya membuat manusia bisa menderita penyakit kronis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro