Vokalis Band Raja Ian Kasela. Tampak keren memakai kacamata hitam
Fashion

Inilah Alasan Mengapa Kacamata Hitam Membuat Pemakainya Tampak Keren

Nenden Sekar Arum
Sabtu, 5 Juli 2014 - 09:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Tahukah Anda mengapa orang yang mengenakan kacamata hitam seringkali terlihat tampak lebih keren?

Percaya atau tidak, Profesor asal Inggris Vanessa Brown mengangkat hal tersebut sebagai tema disertasinya dan menjelaskannya pada majalah Science of Us.

The Guardian mencatat, penilitan Brown tersebut dimulai ketika dirinya berjalan-jalan ke supermarket dengan mengenakan kacamata hitam, dan dirinya melihat bayangan dirinya yang 'cukup keren' meskipun pakaian yang kenakan berantakan.

Berdasarkan penelitiannya, Brown menjelaskan kesimetrisan membuat kita terlihat lebih baik, dan kacamata hitam menyembunyikan ketidaksimetrisan di sekitar mata.

Selain itu, kacamata hitam juga menciptakan suasana misterius. "Mata merupakan sumber informasi, dan dengan menutupinya kita bisa terlindung dari penilaian orang terhadap apa yang kita pikirkan dan rasakan, atau seberapa cerdas kita," ujarnya.

Dari sisi sejarah, kacamata hitam digunakan oleh para pilot dan atlet pada awal abad 20-an, dan pada tahun 50-60an para bintang Hollywood menggunakannya agar tidak dikenali. Hal itu yang kemudian atribut glamor pada kacamata hitam masih terpatri hingga saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro