Karnaval Budaya Lovely Desember/Antara
Show

Pesta Lintas Budaya Bakal Warnai Kota Surabaya

Peni Widarti
Rabu, 20 Agustus 2014 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Cross Culture Festival (CCF) atau Festival Seni Lintas Budaya bakal kembali mewarnai Kota Surabaya pada 28-30 Agustus 2014.

Penyelenggaraan pesta lintas budaya tahun ini merupakan tahun ke-10 yang mengusung tema 'Bersatu dalam Keberagaman Budaya Indonesia'.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati menjelaskan lokasi penyelenggaraan CCF tahun ini akan difokuskan pada dua titik, yaitu Gedung Balai Budaya Surabaya dan G Walk Citra Raya Surabaya.

Wiwiek menjelaskan, CCF merupakan sebuah pertunjukan seni yang mempertemukan keragaman corak budaya lokal dari berbagai daerah di Indonesia serta tampilan seni dari mancanegara.

“Event ini sudah menjadi agenda rutin tahunan di Surabaya. Kami berharap, Surabaya mampu menjadi etalase budaya yang bisa dinikmati masyarakat,” ujarnya, Rabu (20/8/2014).

Pentas seni CCF akan disemarakkan oleh penampilan dari delegasi Busan-Korsel, Singapura, India, dan Guangzhou-Tiongkok. Sementara penampil dalam negeri meliputi Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, D.I. Aceh, dan Jawa Tengah.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, rangkaian CCF tidak hanya menampilkan pagelaran seni, melainkan juga workshop yang akan diisi oleh pelaku-pelaku seni dari luar Surabaya.

"Diharapkan, dalam workshop tersebut terjadi transfer ilmu antara seniman dengan peserta workshop," imbuhnya.

Dalam workshop tersebut ditargetkan 100 orang dari unsur pelajar dan seniman lokal hadir. Workshop akan dilaksanakan pada Jumat, 29 Agustus 2014 di lantai dasar gedung Balai Budaya, pukul 09.00-11.00.

Selain menggelar CCF, pada 24 Agustus 2014 juga akan ada Festival Tari Yosakoi di Taman Surya, Balai Kota Surabaya. Acara tersebut sekaligus sebagai pembuka rangkaian CCF 2014. Sedikitnya ada 40 grup tari kategori anak-anak dan remaja akan menampilkan tarian Yosakoi dan Remo.

Festival Yosakoi dan Remo tersebut diselenggarakan sebagai simbol persahabatan dua kota, yaitu Surabaya dengan Kochi di Jepang. Festival tersebut telah eksis di kota metropolis selama bertahun-tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro