Show

Festival Debus Banten Raih Rekor Muri

Rustam Agus
Sabtu, 23 Agustus 2014 - 13:50
Bagikan

Bisnis.com, SERANG--Festival Debus Banten 2014 meraih piagam Museum Rekor Indonesia (MURI) kategori festival debus terbanyak yang digelar di Pantai Anyer, Kabupaten Serang.

Piagam Muri dengan No. 6597/R MURI 2014 sebagai festival debus terbanyak dipersembahkan pemrakarsa diserahkan perwakilan pengurus MURI kepada Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar sebagai pemrakarsa.

Plt Gubernur Banten Rano Karno sebagai penyelenggaran, Kapolda Banten Brigjen Pol M Zulkarnain dan Ketua PHRI Banten Ahmad Sari Alam sebagai pelaksana pada pembukaan "Banten Beach Festival' di Pantai Anyer, Sabtu.

Pementasan debus untuk meraih rekor MURI tersebut menampilkan seni debus dengan permainan api yang diperagakan oleh ratusan pemain debus dihadapan tim dari MURI dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Plt Gubernur Banten.

Plt Gubernur Banten Rano Karno dalam sambutannya mengatakan, festival debus Banten yang diikuti sekitar 2000 seniman atau pendekar tersebut diselenggarakan dalam rangaian "Banten Beach Festival " 2014.

Tujuan kegiatan tersebut dalam upaya melestarikan budaya Banten warisan leluhur serta sebgai ajang promosi Pariwisata Banten.

"Debus merupakan warisan budaya tak benda milik Provinsi Banten. Oleh sebab itu harus dipelihara dan dilestarikan oleh masyarakat Banten," kata Rano.

Ia mengatakan, Banten yang kaya dengan objek wisata memiliki 526 objek wisata serta panjang pantai lebih dari 500 kilometer dengan berbagai keunggulannya, diharapkan melalui Banten Beach Festival yang diselenggarakan setiap tahun, bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Pementasan debus ini sengaja dilakukan di Mercusuar titik nol kilometer jalan Anyer-Panarukan. Selain mengenang sejarah jalan POS, kita juga ingin memulai untuk membangun pariwisata Banten," katanya.

Festival Pantai Banten atau 'Banten Beach Festival' tersebut juga diisi dengan kegiatan Sapta Pesona, Fun Bike juga Gelar Produk UMKM dan Kuliner.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi media untuk memperkenalkan pariwisata dan seni budaya Banten kepada masyarakat luas, memacu produktivitas dan kreativitas serta pengembangan budaya Banten," kata Rano Karno.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar mengatakan, kegiatan Banten Beach Festival yang juga menampilkan Festival Debus Banten diharapkan bisa membangkitkan kembali pariwisata Pantai Banten yang sempat terpuruk akibat terpaan Tsunami beberapa tahun lalu.

"Melalui kegiatan ini mudah-mudahan Pariwisata Banten berkibar kembali. Apalagi jika didukung dengan infrastruktur yang memadai," kata Sapta.

Festival debus Banten yang melibatkan sekitar 1.200 orang pemain debus dari sejumlah daerah di Banten tersebut, masing-masing menampilkan kemampuan permainan debus di atas panggung.

Berbagai permainan debus yang ditampilkan seperti permainan api, golok, palu gada serta beragam debus lainnya khas masing-masing daerah di Banten..


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro