Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buku Memoar UU Kesehatan Jiwa segera Diluncurkan

Psikiater dan mantan Wakil Ketua Komisi 9 DPR-RI periode 2009-2014 Nova Riyanti Yusuf segera meluncurkan buku memoar berjudul "A Rookie & The Pessage of The Mental Health Law; The Indonesian Story".
Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 08 Oktober 2014  |  17:59 WIB
Buku Memoar UU Kesehatan Jiwa segera Diluncurkan
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Psikiater dan mantan Wakil Ketua Komisi 9 DPR-RI periode 2009-2014 Nova Riyanti Yusuf segera meluncurkan buku memoar berjudul "A Rookie & The Pessage of The Mental Health Law; The Indonesian Story".

Buku yang lebih dulu dirilis dalam bahasa Inggris itu mengangkat pengalaman Nova dalam mengawal Rancangan Undang-Undang Kesehatan Jiwa di parlemen selama hampir lima tahun.

"Indonesia sering jadi topik pemberitaan dunia, tetapi soal pelayanan kesehatan jiwa yang tidak manusiawi. Lewat buku ini saya mau bilang, kita on the right track dan sudah punya UU Kesehatan Jiwa," kata Nova, Rabu (8/10/2014).

Kendati telah disahkan pada Juli 2014, implementasi UU Kesehatan Jiwa masih membutuhkan jalan yang panjang. Dalam waktu dekat, upaya sosialisasi tentang eksistensi UU ini terus didengungkan kepada masyarakat dan lembaga terkait.

"Perjalanannya masih panjang. Paling tidak bisa mendorong pemerintah untuk merampungkan peraturan turunannya dalam satu tahun ini. Supaya siap diimplementasikan pada 2019," imbuhnya.

Di dalam buku ini juga terungkap sumbangan pemikiran dari Ketua Komunitas Peduli Skizofren Indonesia Bagus Utomo, Utusan Pemuda Sekjen PBB Ahmad Alhendawi, dan Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kemenkes dr Eka Viora.  

Melalui buku ini, Nova sekaligus ingin memotivasi anggota DPR yang baru dilantik agar memiliki inisiatif untuk mengajukan usulan produk undang-undang. Pasalnya, UU Kesehatan Jiwa merupakan produk legislasi yang diinisiasi politisi Partai Demokrat ini pada 2009.

Buku tersebut diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan tersedia dalam format e-book dan dijual di amazon.com. Adapun versi bahasa Indonesia baru akan meluncur di toko buku pada Januari 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top