Ilustrasi/Bisnis.com
Referensi

Buku Memoar UU Kesehatan Jiwa segera Diluncurkan

Ana Noviani
Rabu, 8 Oktober 2014 - 17:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Psikiater dan mantan Wakil Ketua Komisi 9 DPR-RI periode 2009-2014 Nova Riyanti Yusuf segera meluncurkan buku memoar berjudul "A Rookie & The Pessage of The Mental Health Law; The Indonesian Story".

Buku yang lebih dulu dirilis dalam bahasa Inggris itu mengangkat pengalaman Nova dalam mengawal Rancangan Undang-Undang Kesehatan Jiwa di parlemen selama hampir lima tahun.

"Indonesia sering jadi topik pemberitaan dunia, tetapi soal pelayanan kesehatan jiwa yang tidak manusiawi. Lewat buku ini saya mau bilang, kita on the right track dan sudah punya UU Kesehatan Jiwa," kata Nova, Rabu (8/10/2014).

Kendati telah disahkan pada Juli 2014, implementasi UU Kesehatan Jiwa masih membutuhkan jalan yang panjang. Dalam waktu dekat, upaya sosialisasi tentang eksistensi UU ini terus didengungkan kepada masyarakat dan lembaga terkait.

"Perjalanannya masih panjang. Paling tidak bisa mendorong pemerintah untuk merampungkan peraturan turunannya dalam satu tahun ini. Supaya siap diimplementasikan pada 2019," imbuhnya.

Di dalam buku ini juga terungkap sumbangan pemikiran dari Ketua Komunitas Peduli Skizofren Indonesia Bagus Utomo, Utusan Pemuda Sekjen PBB Ahmad Alhendawi, dan Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kemenkes dr Eka Viora.  

Melalui buku ini, Nova sekaligus ingin memotivasi anggota DPR yang baru dilantik agar memiliki inisiatif untuk mengajukan usulan produk undang-undang. Pasalnya, UU Kesehatan Jiwa merupakan produk legislasi yang diinisiasi politisi Partai Demokrat ini pada 2009.

Buku tersebut diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan tersedia dalam format e-book dan dijual di amazon.com. Adapun versi bahasa Indonesia baru akan meluncur di toko buku pada Januari 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro