Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Yayasan Batik Jabar Luncurkan Buku Batik Pesisir Selatan

Ana Noviani
Ana Noviani - Bisnis.com 15 Oktober 2014  |  15:55 WIB
Yayasan Batik Jabar Luncurkan Buku Batik Pesisir Selatan

Bisnis.com, JAKARTA--Yayasan Batik Jawa Barat meluncurkan buku Batik Pesisir Selatan Jawa Barat yang mengupas ragam kekayaan batik di wilayah tersebut.

Sendy Yusuf, Ketua YBJB, menuturkan 25 kota/kabupaten di Jabar mulai aktif mengembangkan batik khas daerah. Di antara daerah tersebut, Indramayu, Garut, Tasikmalaya, Cirebon, dan Ciamis merupakan yang paling aktif.

"Batik itu menyimpan sejarah dan kearifan lokal dan ekstotika alam jabar yang perlu dituangkan secara naturalistik dalam ragam hias batik karya para seniman dan perajin," ujarnya, Rabu (15/10).

Buku Batik Pesisir Selatan Jawa Barat tersebut ditulis oleh lima orang peneliti dan penggiat batik Sunda, yakni Saftiyaningsih Ken Atik, Komarudin Kudiya, Herman Jusuf, Djalu Djatmiko, dan Zaini Rais.

Zaini Rais mengatakan lahirnya buku tersebut merupakan upaya untuk mendokumentasikan ragam batik pesisir selatan Jabar yang belum banyak dieskpos dan rawan punah.

"Sayang sekali kalau batik pesisir selatan Jabar ini tidak didokumentasikan. Karena pembatik di sana itu, tidak melakukan dokumentasi, setelah dibeli orang tidak bisa direproduksi lagi," katanya.

Buku tersebut diharapkan dapat menjadi rekam jejak batik pesisir selatan Jabar yang dapat menggairahkan dokumentasi, pelatihan, dan pengembangan batik Tasik, Garut, Cianjur, Ciamis, Sukabumi, dan daerah-daerah lain di pesisir selatan Jabar.

Komarudin Kudiya menambahkan ragam hias yang dominan pada batik pesisir selatan adalah motif flora dan fauna, misalnya ayam pelung, merak, padi, dan kupu-kupu. Selain itu, motif geometrik seperti rereng juga cukup menonjol.

Buku tersebut merupakan buku keempat yang diterbitkan oleh Yayasan Batik Jawa Barat. Sebelumnya, yayasan ini telah menerbitkan Buku Saku Batik Jawa Barat Jilid I, II, dan III.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batik
Editor : Setyardi Widodo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top