Museum Tsunami. /Jibi-Sukirno
Travel

Museum Direvitalisasi untuk Dongkrak Kunjungan

Nenden Sekar Arum
Selasa, 25 November 2014 - 09:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah terus melakukan revitalisasi museum untuk menjadikan museum sebagai salah satu daya tarik wisata bagi wisatawan mancanegara dan nusantara.

Kepala Subdirektorat Pengembangan dan Pemanfaatan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kementerian Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan Dani Wigatna mengatakan sejak 2010 hingga 2014, setidaknya ada 80 museum yang direvitalisasi.

Revitalisasi tersebut dilakukan mencakup enam aspek, yaitu perbaikan fisik seperti tata letak pameran dan kelengkapan fasilitas, manajemen museum, ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten, kemitraan dan promosi, pembentukan pencitraan, serta penambahan anggaran. "Pemandu museum yang mampu memberikan informasi secara menarik juga dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung," katanya.


Sementara itu, jumlah museum saat ini terus tumbuh, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta. Sepanjang 2014, ada 5 museum yang diresmikan pemerintah, di antaranya museum Presiden di Bogor, 3 museum purba Sangiran di Sragen dan museum Perang Dunia II di Morotai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Setyardi Widodo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro