ilustrasi./JIBI
Travel

Belajar Astronomi di Bosscha

Farodlilah Muqoddam
Sabtu, 29 November 2014 - 13:30
Bagikan

 Bisnis.com, JAKARTA – Ingin pengalaman berbeda saat berkunjung ke Bandung? Cobalah berkunjung ke Bosscha untuk belajar tentang benda-benda langit.

Observatorium Bosscha adalah tempat penelitian yang dimiliki oleh Institut Teknologi Bandung (ITB). Meskipun merupakan tempat penelitian, namun Bosscha dibuka untuk kunjungan dari masyarakat umum. Tentu saja dengan berbagai aturan khusus.

Bosscha menawarkan dua paket kunjungan, pada siang dan malam hari. Kunjungan siang dibuka setiap Selasa-Jumat pada 09.00-13.00, khusus untuk tamu rombongan yang telah mendaftar terlebih dahulu. Pada Sabtu, pada jam yang sama, Bosscha terbuka untuk tamu nonrombongan.

Adapun, kunjungan malam hanya dibuka pada musim kemarau, antara April hingga Oktober setiap tahun. Kunjungan malam tidak dibuka setiap waktu. Pengelola Bosscha menetapkan jadwal kunjungan malam yang dapat dilihat di website resmi http://bosscha.itb.ac.id.

Lalu, apa yang dapat dinikmati pengunjung di observatorium di Bosscha? Selama kunjungan yang berlangsung sekitar satu jam, pengunjung akan mendapatkan penjelasan singkat mengenai astronomi dan cara kerja teleskop Zeiss. Teleskop Zeiss merupakan teleskop besar yang digunakan para peneliti Bosscha untuk meneliti benda-benda langit.

Oberrvatorium Bosscha berlokasi di Lembang, Bandung. Jika naik kendaraan umum, pengunjung dapat mengambil rute Stasiun Hall-Lembang atau Ciroyom-Lembang. Gerbang masuk Bosscha berjarak sekitar 14 kilometer dari terminal Ledeng, Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro